KESIAPAN GURU DALAM PEMBELAJARAN DARING SAAT PANDEMI COVID 19 PADA JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN OTOMOTIF DI SMK KAL 2 SURABAYA
Kata Kunci:
Kesiapan, pembelajaran daring, guruAbstrak
Abstrak
Terjadinya pandemi covid-19 dan dengan diterapkannya pembatasan sosial berskala besar hal tersebut berdampak pada berlangsungnya kegiatan pembelajaran, sehingga pembelajaran harus dilaksanakan daring. Maka tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisa kesiapan guru SMK KAL-2 Surabaya dalam kegiatan pembelajaran daring ketika pandemi. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, metode pengumpulan data penelitian yaitu observasi, wawancara dokumentasi dan menyebarkan kuisioner online melalui google formulir kepada 4 guru, 9 siswa dan 9 orang tua siswa dari TKRO di SMK KAL-2 Surabaya sebagai responden, didukung dengan berbagai literatur yang telah didapatkan dan dikaji sebelumnya. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini merupakan analisis triangulasi yang terdiri dari 3 komponen yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu 58,3% guru siap melaksanakan pembelajaran daring, diperkuat dengan hasil kuisioner oleh siswa dan orang tua siswa yaitu 52,2% siswa dan 53,7% orang tua siswa menyatakan siap melaksanakan pembelajaran daring. namun nilai tersebut cukup rendah hal tersebut disebabkan karena guru mengalami kendala penurunan kesehatan kondisi fisik dan psikologi, guru juga kurang terampil dalam penggunaan teknologi, sehingga siswa mengalami kesulitan dalam pemahaman materi yang disampaikan oleh guru berdampak pada nilai belajar siswa menurun.
Kata Kunci : Kesiapan, pembelajaran daring, guru.
Unduhan
Referensi
1. Aji, Prasetyo. 2021. Analisis Pemanfaatan google classroom dalam Pembelajaran Daring Di SMKN Ngadirejo. (online) https://repository.stkippacitan. ac.id/id/eprint/634/9/changgah%20prasetyo%20aji_bab%20ii_pi2021.pdf. (Diakses, 18 Februari 2021).
2. Arikunto, Suharsimi. 2002. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
3. Awwabiin, Salma. 2021. Teknik Analisis Data: Pengertian, Macam, dan Langkah-langkahnya. (online) https://penerbitdeepublish.com/teknik analisis-data/ (Diakses, 13 Juli 2021).
4. Donnelly, Patrinos, Engzell. 2021. Learing Loss During Covid-19: An Early Systematic Review. (online) https://link.springer.com/article/10.1007/s11125-021-09582-6 (Diakses, 19 Februari 2021).
5. Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/MENKES/328/2020. (online).
6. Peraturan Pemerintah No 21 Tahun 2020 tentang PSBB (online).
7. Rahman, Taupik. 2021.Sebanyak 70% Siswa Sulit Memahami Materi Selama Pembelajran Daring. (online). http://www.pendis.kemenag.go.id/pai/ber ita-214-sebanyak-70-siswa-sulit-memahami-mater i-selama-pembelajaran-daring.html#informasi_jud ul. (Diakses, 19 Februari 2021).
8. Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar Di Kabupaten Banjarnegara. Vol. 7, No. 2. (online) DOI: https://doi.org/10.313 16/esjurnal.v7i2.768 (Diakses, 15 Januari 2022).
9. Santoso, Meilanny Budiarti. 2016. Kesehatan Mental Dalam Perspektif Pekerja Sosial. (online) https://media.neliti.com/media/publications/181578-ID-kesehatan-mental-dalam-perspektif-pekerj.p df (Diakses, 15 Januari 2022).
10. Sharkey, B.J (2003). Fitness And Health . Alih bahasa Kebugaran dan Kesehatan oleh: Eri Desmarini Nasution. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
11. UU Kekarantinaan Kesehatan Pasal 59 Ayat 2 Tahun 2018. (online).
12. UU Kekarantinaan Kesehatan Pasal 59 Ayat 3 Tahun 2019. (online).
13. Zahrawati dan Nurhayati. 2021. The Challenge Of Online Learning In Curriculum-2013 During Covid-19 Pandemic: Study Of Social Science Teachers At MAN 2 Parepare. (online) DOI: https://doi.org /10.12345/socioedu.v2i1.380. (Diakses, 20 Januari 2022).
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Abstract views: 68
,
PDF Downloads: 49