PENGARUH MODUL MASTERCAM X9 CNC MILLING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMK NEGERI 7 SURABAYA
Kata Kunci:
pengaruh, modul, cnc milling, hasil belajarAbstrak
Abstrak
Keterampilan peserta didik dalam menggunakan mesin CNC menjadi aspek penting yang perlu
diperhatikan. Kurangnya modul terkait materi CNC menjadi salah satu masalah yang dihadapi oleh SMK
Negeri 7 Surabaya. Selain itu sumber belajar yang tepat dapat menstimulasi siswa untuk dapat belajar
mandiri dan menjadikan pembelajaran lebih student center. Di penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa
penerapan modul CNC dapat meningkatkan hasil belajar. Dalam penelitian ini peneliti lebih fokus untuk
mengetahui pengaruh dari modul Mastercam CNC terhadap hasil belajar dan keterlaksanaan proses
pembelajaran. Dari penelitian yang dilakukan peneliti instrumen yang digunakan dalam penelitian
memiliki nilai validasi 87% yang menunjukkan kriteria sangat baik. Instrumen penelitian meliputi
instrumen, soal, angket respon, dan RPP. Untuk keterlaksanaan kegiatan pembelajaran menunjukkan hasil
yang sangat baik dengan rata-rata sebesar 4,13 dengan persentase 82,6%. Selain itu pengujian hasil belajar
dilakukan dengan memberikan pre-test dan post-test kepada siswa. Hasil menunjukkan adanya perbedaan
yang signifikan dengan nilai t hitung 6,66 dan efektivitas yang dihasilkan termasuk dalam kategori tinggi
dengan nilai N-Gain mencapai 0,73. Selain itu respon siswa menunjukkan bahwa peserta merespon
pembelajaran dengan modul Mastercam x9 CNC dengan sangat baik dengan nilai yang diperoleh yaitu
88,5%.
Kata Kunci: pengaruh, modul, cnc milling, hasil belajar.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Abstract views: 116
,
PDF Downloads: 111