PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMK KRIAN 2 SIDOARJO

Penulis

  • Ajeng Dwi Prastiwi Universitas Negeri Surabaya
  • Rachmad syarifudin hidayatullah Universitas Negeri Surabaya

Kata Kunci:

Problem Based Learning, Jangka Sorong, Prestasi Belajar

Abstrak

Abstrak

Peningkatan mutu pendidikan SMK di Indonesia terus dilakukan untuk memperoleh lulusan yang mampu bersaing di dunia yang semakin berkembang. Dalam meningkatkan kualitas pendidikan, masalah yang perlu diperhatikan adalah bagaimana cara siswa belajar dan proses pembelajarannya. Model pembelajaran berbasis masalah (PBL) merupakan model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pendidikan kejuruan, salah satunya pada alat ukur kaliper. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jumlah alat ukur terhadap kinerja siswa di SMK Krian 2 Sidoarjo. Penelitian eksperimental digunakan dalam penelitian bersama dengan desain pra-eksperimen. Analisis data dilakukan dengan mengetahui uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada materi alat ukur jangka sorong terhadap prestasi belajar siswa, nilai signifikansi yang ditemukan adalah 0,037. Artinya berpengaruh positif karena nilai sig < 0,05.

Kata Kunci: Jangka Sorong, Rasch Model, Alat Ukur, Problem Based Learning.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2023-07-06

Terbitan

Bagian

Pendidikan Teknik Mesin
Abstract views: 111 , PDF Downloads: 136