Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknik Permesinan Nonkonvensional

Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa

Penulis

  • narko wijayanto UNESA
  • Yunus Yunus bahasa indonesia

Kata Kunci:

hasil belajar, ASSURE, media pembelajaran

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan video pembelajaran, tingkat motivasi belajar siswa dalam video pembelajaran dan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah penggunaan media video pembelajaran pada materi CNC Turning . Penelitian ini merupakan penelitian RnD ( research and development ) dan menggunakan desain penelitian Pretest-posttest Control Group Design , sedangkan penelitian dilakukan di SMK Negeri 7 Surabaya. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar, Angket validasi ahli dan Angket kuisioner. Untuk menguji hipotesis menggunakan uji independent sample t-test . Analisis data dilakukan secara deskriptif.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pada kelas kontrol nilai rata-rata pretest sebesar 67 sedangkan nilai rata-rata posttest sebesar 83, (2) pada kelas eksperimen nilai rata-rata pretest sebesar 59 sedangkan nilai rata-rata posttest sebesar 91, hal ini lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, (3) rata-rata nilai postetest kelas ekperimen lebih besar dari kelas kontrol yaitu 91 > 83 yang berarti hasil belajar kelas ekperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, pada uji independent sample t-test , hasil yang didapat yaitu sig.2 tailed sebesar 0,000 < 0,05 penggunaan media pembelajaran video dalam pembelajaran teknik mesin nonkonvensional lebih efektif.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2023-07-14

Terbitan

Bagian

Pendidikan Teknik Mesin
Abstract views: 44 , PDF Downloads: 32