EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PDTM KELAS X DI SMK PGRI 4 SURABAYA
Kata Kunci:
model pembelajaran jigsaw, Pekerjaan Dasar Teknik Mesin, Hasil belajarAbstrak
Abstrak
Pada perkembangan pendidikan yang begitu pesat menjadikan pendidikan memiliki peranan penting. Proses pembelajaran yang efektif sangat dibutuhkan. Proses pembelajaran dengan metode konvensional pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Mesin di SMK 4 PGRI Surabaya berjalan kurang efektif. Siswa tidak antusias selama belajar karena metode yang digunakan membosankan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan model pembelajaran Jigsaw terhadap hasil belajar Pekerjaan Dasar Teknik Mesin kelas X. Jenis penelitian iniĀ adalah kuasi-eksperimen yang subjek penelitiannya adalah siswa TPM kelas X SMK PGRI 4 Surabaya dengan pola desain membandingkan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen penelitian menggunakan soal pre-test dan post-test dengan hasil penelitian berupa terjadi perbedaan antara sebelum dan setelah diterapkannya model pembelajaran jigsaw. Dari hasil uji N-Gain untuk kelas eksperimen ini mencapai nilai 57,5% tergolong kategori cukup efektif dan kelas kontrol mencapai nilai 20% tergolong kategori tidak efektif..
Kata Kunci: Model pembelajaran Jigsaw, Pekerjaan Dasar Teknik Mesin, Hasil belajar
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian

