PENGARUH PENGGUNAAN VERNIER CALIPER BERBASIS ANDROID TERHADAP HASIL BELAJAR DAN RESPON SISWA SMK

Penulis

  • Ahmad Dicky Setiawan Universitas Negeri Surabaya
  • Rachmad Syarifudin Hidayatullah Universitas Negeri Surabaya

Kata Kunci:

Vernier Caliper, Hasil Belajar, Nonequivalent Control Group Design

Abstrak

Proses pembelajaran yang terdapat pada Sekolah Menengah Kejuruan Krian 2 Sidoarjo di kelas X, jurusan otomotif dengan penjurusan Teknik Bisnis Sepeda Motor dilakukan menggunakan teknik dan cara ceramah yang menggunakan media belajar berupa papan tulis serta LKPD/Lembar Kerja Siswa. Sehingga menyebabkan ketertarikan siswa dalam proses pembelajaran menjadi rendah. Hal ini menyebabkan kurangnya penangkapan dan pemahaman materi oleh siswa. Adapun solusi yang bisa dipakai oleh pendidik untuk menyelesaikan ini, yakni penggunaan media yang memiliki gambar visual yang jelas, sehingga proses pembelajaran dapat dioptimalkan lagi. Penggunaan media dengan gambar visual yang jelas juga dapat menarik fokus siswa pada materi yang diberikan oleh guru saat pelajaran. Pada penelitian ini dilaksanakan guna untuk mengetahui perbedaan antara proses belajar mengajar secara konvensional dan pengaruh media pembelajaran vernier caliper berbasis android terhadap hasil belajar dan respon siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif Nonequivalent Control Group Design atau bisa disebut dengan desain grup yang tidak setara, Hasil uji T dari penelitian ini memaparkan bahwa nilai T hitung lebih besar dari T table (5,921>2,037) sehingga hipotesis Ha2 mengatakan adanya pengaruh pada media pembelajaran vernier caliper berbasis android di hasil belajar siswa diterima dengan besar pengaruh 49,5%.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2023-07-12

Terbitan

Bagian

Pendidikan Teknik Mesin
Abstract views: 60 , PDF Downloads: 82