PENGEMBANGAN E-MODUL PRAKTIK MATA PELAJARAN MESIN BUBUT KELAS XI DI SMK NEGERI 7 SURABAYA
Kata Kunci:
e-modul, kelayakan, respon, keefektifanAbstrak
Di Jurusan Teknik Pemesinan SMK Negeri 7 Surabaya, terdapat kendala yang dialami dalam proses pembelajaran mata pelajaran mesin bubut yaitu kurangnya minat dan motivasi siswa dalam belajar mengajar di kelas/workshop dan penggunaan bahan ajar berupa buku LKS. Sehingga dengan media pembelajaran e-modul sebagai sarana belajar lebih banyak melibatkan siswa secara individual dan secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media, respon siswa dan keefktifan e-modul dalam hasil belajar Di SMKN 7 Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Metode yang digunakan adalah one group pretest posttest control design. Penelitian dilakukan dengan cara melibatkan satu kelompok yang dipilih secara acak/random. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner lembar validasi kelayakan media, lembar pre-test post-test untuk menilai keefektivan hasil belajar dan juga lembar respon siswa. Hasil penelitian yaitu kelayakan media pembelajaran oleh 3 ahli materi, media, soal, RPP, dan angket. Hasil kelayakan ahli materi sebesar 3,8 kategori sangat layak, ahli media sebesar 3,2, kategori layak, ahli soal sebesar 3,9 kategori sangat layak, ahli RPP sebesar 3,8 kategori sangat layak, ahli angket sebesar 3,8 kategori sangat layak, sehingga hasil tersebut media pembelajaran dikategorikan sangat layak. Respon siswa diperoleh sebesar 3,5 dikategorikan sangat baik dan mendapatkan respon positif. Efektivitas media pembelajaran diperoleh sebesar 0,417 dikategorikan sedang. Sehingga bisa disimpulkan bahwa media pembelajaran E-modul praktik mata pelajaran mesin bubut sebagai sarana belajar siswa kelas XI di SMK Negeri 7 Surabaya dapat digunakan sebagai bahan ajar.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Abstract views: 78
,
PDF Downloads: 45