PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN JOBSHEET GAMBAR TEKNIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS X TPM SMK SEMEN GRESIK

Penulis

  • Abdul Wafi Universitas Negeri Surabaya
  • Nur Aini Susanti Universitas Negeri Surabaya

Kata Kunci:

Jobsheet, Gambar Teknik, Kelayakan, Respon Peserta Didik, Hasil Belajar

Abstrak

Abstrak

Penggunaan media pendidikan digunakan untuk meningkatkan minat siswa dalam belajar, yang akan menghasilkan peningkatan keaktifan siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan pada media jobsheet, mengetahui respon dari siswa, dan hasil belajar siswa. Untuk metode penelitian ini, menggunakan (R&D) research and development, dan model pengembangan yang digunakan model four-D model. Siswa kelas X TPM SMK Semen Gresik yang berjumlah 26 siswa, adalah subjek penelitian. Media jobsheet mendapatkan rata-rata persentase kelayakan 92.3% tergolong kategori sangat layak. Respon siswa mendapatkan rata-rata nilai 91,73% masuk kriteria sangat layak dan mendapatkan respon yang baik. Hasil belajar siswa untuk nilai pre-test persentase ketuntasan sebesar 26,9% dan untuk nilai post-test persentase ketuntasan sebesar 88,5% terjadi peningkatan sebesar 61,6%, hasil tersebut telah mencapai indikator keberhasilan. Hal tersebut didukung dengan nilai N-Gain yang berada di angka 0.4 memiliki tingkat keefektifan sedang yang berarti hasil belajar perserta didik mengalami peningkatan.

Kata Kunci: Jobsheet, Gambar Teknik, Kelayakan, Respon Peserta Didik, Hasil Belajar.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

1. Andi Prastowo. (2014). Panduan Kreiatif Meimbuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Preiss.

2. Azhar Arsyad. (2006). Meidia Peimbeilajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Peirsada.

3. Fandi Achmad. (2013). Peingeimbangan Modul Sisteim Peineirangan Mobil Mata Kuliah Praktikum Keilistrikan Otomotif Untuk Meiningkatkan Eifeiktivitas Beilajar Di Jurusan Teiknik Meisin Ft-Uneisa. Surabaya: Univeirsitas Neigeiri Surabaya.

4. Rafikayuni, Eika Aryanti, Reini Marlina. (2017). Reispon siswa teirhadap LKS Beirbasis Preidict Obseirvei Eixplanation Pada Submateiri Keianeikaragaman Hayati Keilas X. Pontianak: Univeirsitas Tanjungpura Pontianak.

5. Riduwan. (2009). Skala Peingukuran Variabeil-Variabeil Peineilitian. Bandung: Alfabeita.

6. Sato, Takeishi & N. Sugiarto, Hartanto. (2005). Meinggambar Meisin Seisuai Standar ISO. Jakarta: PT Pradnya Paramita.

7. Sireigar, Eiveilinei dan Nara, Hartini. (2010). Teiori Beilajar dan Peimbeilajaran. Surabaya: Ghalia Indoneisia.

8. Sudjana, Nana. (2013). Peinilain Hasil Proseis Beilajar Meingajar. Bandung: PT. Reimaja Rosdakarya.

9. Sugiyono, (2012). Meitodei peineilitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeita.

10. Thiagarajan, S. Seimmeil, DS. Seimmeil, M. (1974). Instructional Deiveilopmeint for Training Teiacheirs of Eixceiptional Childrein. Sourcei Book. Bloominton: Ceinteir for Innovation on Theiaching thei Handicappeid.

11. Trianto. (2009). Meindeisain Modeil Peimbeilajaran Inovatif-Progreisif. Jakarta: Keincana Preinada Meidia Group.

Unduhan

Diterbitkan

2023-07-17

Terbitan

Bagian

Pendidikan Teknik Mesin
Abstract views: 80 , PDF Downloads: 80