Pengembangan E-Module Untuk Mendukung Mata Pelajaran Gambar Teknik Manufaktur Kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan
Kata Kunci:
pengembangan, media pembelajaran, gambar teknik, validitasAbstrak
Perkembangan teknologi telah menjadi bagian penting dan turut berdampak pada bidang pendidikan. Penggunaan teknologi yang semakin maju mendorong terciptanya inovasi yang dapat membantu peserta didik dalam proses pembelajaran. Adanya pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran diharapkan dapat tercapainya tujuan pembelajaran. Faktor yang turut mempengaruhi tercapainya tujuan pembelajaran salah satunya yakni tersedianya media pembelajaran yang layak. Hasil observasi yang dilakukan di SMKN 1 Driyorejo khususnya pada mata pelajaran gambar teknik manufaktur, diketahui bahwa media pembelajaran yang memadai masih sangat minim sehingga materi pelajaran belum sepenuhnya dipahami oleh peserta didik. Oleh karena itu, peneliti mengembangkan media pembelajaran berupa e-module untuk mengatasi permasalahan tersebut. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4D yang meliputi tahap define, design, develop, dan disseminate. Peneliti menekankan pada tahap develop yaitu validasi media pembelajaran yang meliputi aspek materi dan media. Hasil validasi yang dilakukan dari aspek materi diperoleh nilai sebesar 0,89 yang dikategorikan validitas tinggi, sedangkan dari aspek media memperoleh nilai sebesar 0,91 yang dikategorikan validitas tinggi.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian

