PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIK SEPEDA MOTOR BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MAHASISWA S1 PENDIDIKAN TEKNIK MESIN UNESA

Penulis

  • Farid Indra Aziz Universitas Negeri Surabaya
  • I Made Arsana Universitas Negeri Surabaya

Kata Kunci:

Pengembangan Modul, PjBL, 4D, Validasi

Abstrak

Abstrak

Penelitian ini dilakukan dilatarbelakangi adanya kebutuhan akan sebuah modul untuk mata kuliah Praktik Sepeda Motor di Jursan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya. Selain itu, mahasiswa masih belum seepenuhnya memahami materi praktik tersebut. Dengan permasalahan tersbeut, penelitian ini berfokus pada melakukan pengembangan Modul Overhaul Kepala Silinder Mesin Sepeda Motor berbasis PjBL. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui validitas dari modul yang dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D (Four D Models) terdiri dari tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan diseminasi (disseminate). Penelitian ini dilakukan pada semester genap 2022/2023 di Laboratorium Sepeda Motor Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya, melibatkan satu kelas Praktik Sepeda Motor dengan jumlah mahasiswa sebanyak 9 orang. Teknik analisis data yang digunakan termasuk dalam statistik deskriptif dimana data yang telah dihitung dilakukan analisa. Setelah dilakukan validasi ke ahli aspek materi, bahasa dan desain, pengumpulan data kualitatif dilakukan kemudian diolah menjadi data kuantitaif yang tersusun di rekapitulasi validasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modul secara keseluruhan dinyatakan layak dengan presentase sebesar 81,25% setelah dihitung rata-rata dari penilaian validator ahli.

Kata Kunci: Pengembangan Modul, PjBL, 4D,Validasi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2023-07-31

Terbitan

Bagian

Pendidikan Teknik Mesin
Abstract views: 42 , PDF Downloads: 109