PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATERI KONSEP PERPINDAHAN PANAS BERORIENTASI PROBLEM BASED LEARNING PADA MAHASISWA TEKNIK MESIN

Penulis

  • Nurul Ismawati Universitas Negeri Surabaya
  • I Made Arsana Universitas Negeri Surabaya

Kata Kunci:

learning tools, the concept of heat transfer, problem based learning.

Abstrak

Sistem pengajaran pada mata kuliah perpindahan panas I terutama materi konsep perpindahan panas masih menggunakan sistem pengajaran tradisional atau ceramah, yang menyebabkan proses pembelajaran kurang maksimal. Hal ini dikarenakan belum adanya perangkat pembelajaran yang lengkap. Dalam kondisi seperti ini, pengembangan perangkat pembelajaran materi konsep perpindahan panas perlu dilakukan dengan harapan mampu memecahkan masalah dan mampu memudahkan mahasiswa menerima materi pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari Define, Design, Develop, dan Disseminate dengan hasil berupa produk Perangkat Pembelajaran Materi Konsep Perpindahan Panas Berorientasi Problem Based Learning (PBL) yang sangat layak digunakan dari hasil uji kelayakan didapatkan persentase dari aspek materi sebesar 86,11%, aspek bahasa sebesar 84,44% dan aspek desain sebesar 86.15% dengan rerata sebesar 85,71% termasuk dalam kategori sangat layak.

Kata Kunci: perangkat pembelajaran, konsep perpindahan panas, problem based learning.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Agustina, R., dan I. Vahlia. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Masalah pada Mata Kuliah Matematika Ekonomi Program Studi Pendidikan Matetmatika. Jurnal Pendidikan Matematika, No.2, 152-160

Akdon, dan Ridwan. 2013. Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika. Bandung: Alfabeta.

Apriliasari, A. Y., & Made, Arsana, I. 2016. Pengembangan Modul Oil Cooler Trainer Untuk Menunjang Perkuliahan Perpindahan Panas Mahasiswa D3 Teknik Mesin. JPTM 5(1).

Aris shoimin. 2014. Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yokyakarta: AR-ruz media.

Borg dan Gall. 1983. Educational Research, An Introduction. New York and London: Longman Inc.

Daryanto dan Dwicahyono, Aris. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Silabus, RPP, PHB, Bahan Ajar). Yogyakarta: Gava Media.

Djamaluddin, Ahdar., & Wardana. 2019. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: CV Kaaffah Learning Center.

Eswanto, A. D., & Made, Arsana, I. 2021. Pengembangan Modul Instalasi Bio Etanol untuk Menunjang Praktikum Perkuliahan Perpindahan Panas Mahasiswa Teknik Mesin Unesa. JPTM 11(1)

Huda, M. S., & Made, Arsana, I. 2013. Pengembangan Modul Pembelajaran Thermal Radiation Pengembangan Modul Pembelajaran Thermal Radiation untuk Menunjang Perkuliahan Perpindahan Panas Mahasiswa D3 Teknik Mesin FT UNESA. JPTM 2(1).

Mendikbudristek, (2021). Guru Profesional dan Sejahtera Kunci Pendidikan Berkualitas. https://www.kemdikbud.go.id/

Permenristekdikti. 2015. Standar Nasional Pendidikan Tinggi, No. 44. Sekretariat Negara. Jakarta

Putra, S. D., & Made, Arsana, I. 2022. Pengembangan Modul Infrared Thermography Untuk Menunjang Praktikum Perkuliahan Perpindahan Panas Mahasiswa Teknik Mesin Unesa. JPTM 12(1)

Sanjaya. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Thiagarajan, Sivasailam, dkk. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Washinton DC: National Center for Improvement Educational System.

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-09

Terbitan

Bagian

Pendidikan Teknik Mesin
Abstract views: 32 , PDF Downloads: 26