PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 1 NGASEM KEDIRI

Penulis

  • Rahmat Arif Andrianto Universitas Negeri Surabaya
  • Wahyu Dwi Kurniawan

Kata Kunci:

Kooperatif STAD, prestasi belajar, gambar teknik.

Abstrak

Abstrak

Dua aspek utama yang dianalisis dalam penelitian ini adalah tingkat keaktifan siswa dan hasil belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif STAD. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan melibatkan tahapan pra-siklus, siklus I, dan siklus II. Dengan pendekatan penelitian tindakan kelas, penelitian ini tidak hanya bertujuan untuk mengamati perubahan tapi juga untuk melakukan tindakan perbaikan berkelanjutan berdasarkan hasil evaluasi setiap siklus. Hasil dari penelitian ini menunjukkan prestasi siswa, yang diukur dalam nilai rata-rata kelas, mengalami peningkatan yang signifikan dari siklus I hingga siklus II. Di siklus I, terdapat peningkatan sebesar 53,26%, dan di siklus II meningkat menjadi 83,33%, yang masuk dalam kategori baik. Hasil belajar siswa, yang diukur dengan nilai rata-rata kelas, juga menunjukkan peningkatan yang positif dari pra-siklus hingga siklus II. Pada pra-siklus, rata-rata nilai kelas adalah 62,55, meningkat menjadi 70,18 di siklus I, dan mencapai 83,63 di siklus II. Kesuksesan ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif STAD efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran gambar teknik di SMK Negeri 1 Ngasem Kediri.

Kata Kunci: Kooperatif STAD, prestasi belajar, gambar teknik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

1. Aqib, Zainal. (2011). Pendidikan Karakter Membangun Perilaku Positif Anak Bangsa. Bandung: Yrama Widya.

2. Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Biro Hukum dan Organisasi Sekretariat Jenderal Departemen Pendidikan Nasional.

3. Muayat, Nafis. (2016). Penerapan Model Kooperatif STAD Berbasis Karakter Untuk Meningkatkan Kompetensi Pemeliharaan Sasis Pada Kelas XI TKR-1 Di SMKN 1 Sidoarjo. JPTM. Volume 05 Nomor 01.

4. Nugroho, Setiyo Cahyo. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) Pada Mata Diklat Sistem Kopling Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI TKR SMKN I Kediri. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 2 No 02.

5. Riduwan. (2013). Dasar-dasar Statistik. Bandung: Alfabeta.

6. Rosyadi, Alwam. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran AC Mobil Pada Siswa Kelas XI TKR 1 Di SMKN 1 Arosbaya Bangkalan. JPTM. Volume 08 Nomor 03.

7. Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-21

Terbitan

Bagian

Pendidikan Teknik Mesin
Abstract views: 42 , PDF Downloads: 0 , PDF Downloads: 38