PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ISPRING SUITE 9 DI SMKN 3 SURABAYA UNTUK MATA PELAJARAN PDTO
Kata Kunci:
iSpring suite 9, media pembelajaran, android, ADDIE, efektifitasAbstrak
Abstrak
Dengan pesatnya kemajuan teknologi, transformasi media pembelajaran memiliki dampak besar pada proses belajar-mengajar, menjadikan pengalaman pembelajaran menjadi lebih menarik. Menyimpulkan dari data pra-survei atau pengamatan yang telah dilakukan di SMK Negeri 3 Surabaya pembelajaran hanya terpusat pada peran pendidik sehingga bersifat konservatif sehingga mempengaruhi efektivitas dalam pembelajaran, di samping itu, belum ada media pembelajaran interaktif yang telah diverifikasi kevalidannya. Dalam penelitian ini menggunakan model ADDIE karena diperlukannya keseimbangan dalam pengembangan dalam pengembangan materi terhadap perkembangan ranah kognitif, afektif, dan psikomotor. Model ini melibatkan serangkaian langkah, meliputi analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Dari eksperimen yang telah dilakukan, terungkap bahwa kualifikasi valid dapat diperoleh dalam pengembangan media pembelajaran ISpring Suite 9 Berbasis Android untuk mata pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif. Setelah melalui evaluasi oleh ahli materi, diperoleh nilai kelayakan sebesar 3,67, sementara ahli media memberikan nilai kelayakan sebesar 3,63. Uji coba produk menunjukkan bahwa media pembelajaran efektif dengan peningkatan hasil tes siswa, di mana rata-rata pretest mencapai 50,31 dan posttest meningkat menjadi 87,2. Hasil ini memenuhi standar ketuntasan klasikal. Hal tersebut didukung dengan hasil pretest sekitar 0% siswa yang mencapai nilai ketuntasan. Sedangkan sesudah perlakukan dan dilakukan posttest 100% siswa mencapai nilai ketuntasan yang ditentukan.
Kata Kunci: iSpring suite 9, media pembelajaran, android, ADDIE, efektifitas.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian

