PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA JURUSAN TEKNIK PEMESINAN DI SMKN 1 DRIYOREJO GRESIK BERBANTU APLIKASI VERNIER CALIPER DI PLAYSTORE
Kata Kunci:
Media Pembelajaran, Aplikasi, Vernier Caliper, Hasil Belajar.Abstrak
Abstrak
Aplikasi Vernier Caliper adalah aplikasi tentang jangka sorong dan hasil pengukurannya. Penelitian ini memiliki tujuan menganalisa pengaruh penerapan model pembelajaran Project Based Learning berbantu aplikasi Vernier caliper di playstore terhadap hasil belajar siswa pada jurusan teknik pemesinan di SMK N egeri 1 Driyorejo Gresik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen semu dan desain penelitian Nonequivalent (Pretest and Posttest) Control Group Design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes soal objektif total 20 soal dan observasi angket (kuesioner). Hasil dalam penelitian adalah terdapat pengaruh positif pada peningkatan hasil belajar siswa pada penerapan model pembelajaran Project Based Learning berbantu aplikasi vernier caliper terhadap hasil belajar siswa. Selain itu dari hasil diperoleh uji N-Gain diperoleh nilai sebesar 56,65 termasuk kategori cukup efektif. Hal ini disebabkan karena aplikasi ini memiliki gambar yang menarik, dapat digunakan secara offline dan online, dan siswa dapat belajar di mana saja dan kapan saja.
Kunci: Media Pembelajaran, Aplikasi, Vernier Caliper, Hasil Belajar.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
