PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA APLIKASI LATHE SIMULATOR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA JURUSAN TEKNIK PEMESINAN DI SMKN 1 DRIYOREJO

Penulis

  • HENDYCO NOVEM DEWANTORO UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
  • RACHMAD SYARIFUDIN HIDAYATULLAH UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Kata Kunci:

Hasil belajar, Media pemnbelajaran, Lathe simulator

Abstrak

Abstrak

Seiring berkembangnya zaman, memang diperlukan keberadaan peran pendidikan.Hasil menunjukkan pengaruhnya pendidikan dapat dipengaruhi oleh beberapa hal salah satunya adalah ketetapan penggunaan media pembelajaran yang lebih inovatif dan memanfaatkan teknologi digital saat ini. Aplikasi Lathe simulator merupakan rangkaian perangkat peranti lunak yang digunakan untuk melaksanakan simulasi mesin bubut dan dapat diakses melalui smartphone android atau PC. Tujuan daripada studi ini bermaksud menganalisa adakah pengaruh/dampak dari diterapkannya model pembelajaran yang berbasis Project dengan aplikasi lathe simulator terhadap hasil belajar siswa jurusan teknik pemesinan SMKN 1 Driyorejo. Untuk jalannya penelitian didasarkan metode Quasi Experiment yang mana untuk satu kelompok non ekuivalen. Teknik tes yang diambil adalah Pre-Test dan Post-Test masing-masing berisi sama 25 butir soal obyektif (pilihan ganda). Populasi yang diambil adalah partisipan siswa jurusan mesin SMKN 1 Driyorejo Gresik. Siswa kelas XI - TPM 1 dan 3 Jurusan Teknik Mesin SMKN 1 Driyorejo Gresik dengan jumlah 64 siswa sebagai sampel yang terpilih digunakan. Data kemudian dianalisis secara deskriptif-kuantitatif yang mencakup: normalitas, uji homogenitas, uji independent sample t-test, terkahir diadakan uji N-gain score. Didapatkan pengaruh positif yang signifikan dilihat dari nilai signifikansi 2 tailed pengujian independent samples-test di 0,000. Selain itu, aplikasi lathe simulator ini memiliki tampilan gambar, warna dan animasi gerakan yang reel dengan mesin bubut aslinya yang membuat siswa termotivasi dan semangat untuk belajar. Selain itu, aplikasi lathe simulator memudahkan para siswa untuk mengerti dan mengingat sebuah materi. Oleh karenanya hasil belajar siswapun menjadi meningkat.

Kata Kunci: Hasil belajar, Media pemnbelajaran, Lathe simulator

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2024-05-15

Terbitan

Bagian

Pendidikan Teknik Mesin
Abstract views: 46