PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MESIN BUBUT KELAS XI JURUSAN TEKNIK PEMESINAN DI SMK NEGERI 13 SURABAYA

Penulis

  • Erin Arnetta Putri Universitas Negeri Surabaya
  • Djoko Suwito Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jptm.v13n02.p49-55

Kata Kunci:

Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw, Hasil Belajar Siswa, Minat Belajar

Abstrak

Pendidikan ialah usaha tertata guna menciptakan suasana belajar serta proses yang mempunyai tujuan agar siswa secara efektif menumbuhkan kapasitas dirinya yang sebenarnya. Pada proses pembelajaran, implementasi model pembelajaran yang fluktuatif serta menarik bisa menjauhkan siswa dari rasa lelah hingga akan menjadikan suasana belajar menyenangkan. Tujuan penelitian ini guna menganalisa minat belajar serta peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Mesin Bubut kelas XI. Jenis penelitian kualitatif ini menerapkan teknik pengumpulan data observasi serta tes menerapkan metodologi Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data yang dihimpun lalu dianalisis secara deskriptif. Atas hasil minat belajar siswa diperoleh persentase 67% dengan kriteria baik. Perolehan belajar siswa diperoleh persentase sebesar 91%. Adapun hasil studi dengan uji N-Gain implementasi model cooperative learning tipe jigsaw bisa menaikan hasil belajar siswa dengan kategori cukup efektif.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw, Hasil Belajar Siswa, Minat Belajar

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

1. Anas, Sudijono. 2012. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

2. Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Pratek. Jakarta: PT Rineka CIpta.

3. Latief, Hilman. 2014. Pengaruh Pembelajaran Konstektual Terhadap Hasil Belajar Universitas Pendidikan Indonesia. Jakarta: Jurnal Pendidikan Geografi Univeristas Pendidikan Indonesia.

4. Maya Nurfitriyanti. 2017.Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Matematika. Poso: Jurnal Universitas Sintuwu Maroso.

5. Nana Sudjana. 2005. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

6. Nasution. 1998. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Tarsito.

7. Nur, Hangga M, &Ambiyar. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Kerjasama dan Hasil Belajar Ssiwa Kelas XI TKN di SMK Negeri 10 Surabaya. Surabaya: Journal of Multidiciplinary Research and Development, 1(4), 843-849.

8. Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

9. Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

10. Yunus, Muhanif. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk meningkatkan hasil belajar SIswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Mekanik Kelas X TPM SMK Negeri 5 Surabaya. Surabaya: Jurnal Unesa JPTM, 6(2), 131-138.

Diterbitkan

2024-06-06

Terbitan

Bagian

Pendidikan Teknik Mesin
Abstract views: 41