PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATERI MESIN FRAIS DI SMKN 1 SIDOARJO
DOI:
https://doi.org/10.26740/jptm.v13n02.p70-78Kata Kunci:
media pembelajaran, mesin fraisAbstrak
Pembelajaran yang dirancang secara baik dengan memanfaatkan teknologi multimedia memungkinkan siswa untuk belajar lebih banyak, memahami apa yang dipelajari dengan lebih baik, dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Salah satu pemanfaatan teknologi multimedia dalam pembelajaran adalah penggunaan media pembelajaran. Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran interaktif pada materi mesin frais di SMKN 1 Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian dan pengembangan atau dikenal Research & Development (R&D). Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Sidoarjo pada bulan Agustus-September 2023. Hasil penelitian ini berupa video pembelajaran interaktif berupa video pembelejaan yang di validasi oleh ahli media dan ahli materi dengan kategori sangat layak, hasil uji validitas dengan nilai 0,867 dan uji reliablitas dengan nilai 0,766. Hasil respon siswa terhadap media pembelajaran interaktif ini menunjukan angket motivasi belajar siswa dari 30 peserta didik yang mengisi angket kuisioner 67,65% sangat termotivasi untuk belajar dan 32,35% dari peserta didik cukup termotivasi untuk belajar.
Kata Kunci: media pembelajaran, mesin frais
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
