Analisis Interaksi Sosial dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran CNC di SMK Negeri 1 Driyorejo

Analisis Interaksi Sosial dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar

Penulis

  • Muhammad Fani Universitas Negeri Surabaya
  • Heru Arizal

DOI:

https://doi.org/10.26740/jptm.v13n02.p101-105

Kata Kunci:

Social Interaction, Learning Motivation, Learning Outcomes

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh interaksi sosial dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan sampel sebanyak 168 peserta didik dari berbagai sampel daripada populasi yang ada.

Data dikumpulkan melalui kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi sosial yang positif berperan signifikan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Selain itu, motivasi belajar yang tinggi juga berhubungan erat dengan pencapaian hasil belajar yang lebih baik.

Temuan ini mengindikasikan bahwa lingkungan sosial yang mendukung dan dorongan internal siswa merupakan faktor kunci dalam mencapai keberhasilan akademik. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa upaya peningkatan hasil belajar siswa perlu mempertimbangkan kedua aspek ini secara simultan untuk menciptakan suasana belajar yang optimal.

 

Kata kunci: interaksi sosial, motivasi belajar, hasil belajar

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-02

Terbitan

Bagian

Pendidikan Teknik Mesin
Abstract views: 19 , PDF Downloads: 10