Analisis Interaksi Sosial dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran CNC di SMK Negeri 1 Driyorejo
Analisis Interaksi Sosial dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar
DOI:
https://doi.org/10.26740/jptm.v13n02.p101-105Kata Kunci:
Social Interaction, Learning Motivation, Learning OutcomesAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh interaksi sosial dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan sampel sebanyak 168 peserta didik dari berbagai sampel daripada populasi yang ada.
Data dikumpulkan melalui kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi sosial yang positif berperan signifikan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Selain itu, motivasi belajar yang tinggi juga berhubungan erat dengan pencapaian hasil belajar yang lebih baik.
Temuan ini mengindikasikan bahwa lingkungan sosial yang mendukung dan dorongan internal siswa merupakan faktor kunci dalam mencapai keberhasilan akademik. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa upaya peningkatan hasil belajar siswa perlu mempertimbangkan kedua aspek ini secara simultan untuk menciptakan suasana belajar yang optimal.
Kata kunci: interaksi sosial, motivasi belajar, hasil belajar
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian

