PENGARUH PENERAPAN MEDIA TRAINER ANTI-LOCK BREAKING SYTEM (ABS) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PERAWATAN CHASIS SEPEDA MOTOR
THE INFLUENCE OF THE IMPLEMENTATION OF ANTI-LOCK BREAKING SYSTEM (ABS) TRAINER MEDIA ON STUDENTS' LEARNING OUTCOMES IN THE SUBJECT OF MOTORCYCLE CHASSIS MAINTENANCE
DOI:
https://doi.org/10.26740/jptm.v13n02.p113-123Kata Kunci:
Media pembelajaran, trainer, hasil belajar, Anti-lock Breaking Sytem (ABS), Quasi Eksperiment, SPSS, uji normalitas, uji N-Gain.Abstrak
Abstrak
Pada Riset ini peneliti bertujuan menguji pengaruh media belajar-mengajar "trainer Anti-lock Braking System (ABS)" terhadap hasil belajar pesrta didik di SMK Kartanegara Kediri. Metode yang dipergunakan ialah quasi eksperimen dengan desain one grup Pre-test serta Post-test pada kelompok eksperimen. Prestasi akademik diukur mempergunakan tes pilihan ganda 25 soal serta dianalisis dengan SPSS 27.
Pada Riset kali ini data dianalisis mempergunakan SPSS 27 melalui uji prasyarat normalitas, paired sample t-test, serta uji N-Gain. Uji normalitas mengindikasi data pra-test serta pasca-test terdistribusi normal dengan signifikansi Shapiro-Wilk masing-masing 0.296 serta 0.768 (>0.05). Paired sample t-test mengindikasi perbedaan signifikan antara prestasi akademik sebelum serta sesudah penerapan trainer ABS dengan nilai signifikansi 0.00 (<0.05), mengindikasi media ini efektif mengembangkan prestasi akademik murid. Hasil perhitungan N-Gain mengindikasi nilai rerata 0.610 (kategori "Sedang") serta persentase efektivitas 61% (kategori "Cukup efektif"). Kesimpulannya, penggunaan trainer ABS sebagai media ajar berpengaruh serta cukup efektif dalam mengembangkan prestasi akademik murid.
Kata Kunci: Media pembelajaran, trainer , hasil belajar,Anti-lock Breaking Sytem (ABS), Quasi Eksperiment ,SPSS,uji normalitas, Pre-test -Post-test design. uji N-Gain.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian

