PENGARUH PENERAPAN MEDIA DIGITAL SIMULATOR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK VOKASI TBSM
DOI:
https://doi.org/10.26740/jptm.v13n02.p173-177Kata Kunci:
Media Pembelajaran, Digital Simulator, Hasil BelajarAbstrak
Pada saat proses pembelajaran memerlukan sarana pendukung berupa media pembelajaran yang menarik yang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Seiring kemajuan teknologi dan informasi, pendidik didorong menciptakan media pembelajaran yang inovatif, efektif, dan efisien untuk digunakan dalam upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan tantangan pembelajaran berbasis digital. Salah satu media pembelajaran yang digunakan adalah Digital Simulator. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganilis pengaruh penerapan media pembelajaran Digital Simulator terhadap hasil belajar peserta didik dalam ranah kognitif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-eksperimen dengan desain One Grup Pretest-Postest. Sampel yang digunakan adalah peserta didik kelas X TBSM 1 dan 2 SMK Negeri 3 Bangkalan yang berjumlah 60 peserta didik. Pengumpulan data berupa kuisioner/angket respon peserta didik dan test. Hasil paired sample test mendapatkan nilai sig. 2 tailed 0,00 < 0,05, standar deviasi sebesar 9,78 dan nilai t sebesar 19,92 serta nilai respon peserta didik sebesar 81,95% dengan hasil predikat sangat baik. Peningkatan hasil belajar ini dikarenakan media digital simulator memiliki tampilan yang menarik, materi mudah dipahami, tampilan gambar dan animasi memudahkan pemahaman peserta didik terhadap materi yang disampaikan.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Digital Simulator, Hasil Belajar
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Abstract views: 40