ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MENADI GURU PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI S-1 PENDIDIKAN TEKNIK MESIN UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.26740/jptm.v13n02.p200-205Kata Kunci:
minat menjadi guru, aspek kognisi, aspek emosi, aspek konasiAbstrak
Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana minat mahasiswa program studi S-1 Pendidikan Teknik Mesin buat melanjutkan karir sebagai guru, serta faktor-faktor apa saja yg mempengaruhi minat menjadi guru. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Pada penelitian ini, yang menjadi sampel ialah mahasiswa program studi S-1 Pendidikan Teknik Mesin angkatan 2017, 2018, serta 2019 baik yang masih aktif sebagai mahasiswa maupun yang telah menadi alumni, menggunakan jumlah sampel 44 mahasiswa. Diperoleh hasil bahwa minat mahasiswa program studi S-1 Pendidikan Teknik Mesin berada pada kategori Berminat dengan presentase 74,62%, dan faktor yg mempengaruhi minat menjadi guru terdiri dari 3 aspek, yakni aspek kognisi, emosi, serta konasi menggunakan skor berasal aspek kognisi (mengenal) sebesar 882 dari 1056 skor maksimal , aspek emosi (perasaan) sebesar 982 dari 1232 skor maksimal, serta aspek Konasi (kehendak) sebesar 1288 dari 1936 skor maksimal .
Kata Kunci: Minat Menjadi Guru, Aspek Kognisi, Aspek Emosi, dan Aspek Konasi.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Abstract views: 46