PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN CNC DI SMK NEGERI 2 PASURUAN
DOI:
https://doi.org/10.26740/jptm.v13n02.p206-211Kata Kunci:
Hasil Belajar, CNC, PBL, Penelitian Tindakan Kelas (PTK)Abstrak
Hasil belajar dapat ditingkatkan dengan penerapan model pembelajaran yang sesuai. Sehingga, penerapan model pembelajaran PBL diperlukan guna meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran CNC. Tujuan adalah untuk menganalisis keterlaksanaan, respon siswa, dan hasil belajar setelah penerapan model pembelajaran PBL pada mata pelajaran CNC di SMKN 2 Pasuruan. Metode penelitian PTK dengan menerapkan model pembelajaran PBL yang terdiri dari orientasi masalah, pengorganisasian siswa, penyelidikan individu/kelompok, menyajikan hasil, dan menganalisis proses pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan pada tahap pra-siklus hasil belajar 14% kategori rendah. Pada siklus I rata-rata keterlaksanaan 2,9, respon siswa 44%, hasil belajar 12%. Pada siklus II rata-rata keterlaksanaan 3,1, respon siswa 93%, hasil belajar 100.
Kata Kunci: Hasil Belajar, CNC, PBL, Penelitian Tindakan Kelas(PTK).
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Abstract views: 29