PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MEDIA CANVA PADA ELEMEN PERAWATAN DAN PERBAIKAN SISTEM PEMINDAH TENAGA SISWA TKR SMKN 1 JABON

Penulis

  • Aden Dwi Saputra Unesa
  • Wahyu Dwi Kurniawan Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jptm.v13n3.p8%20-%2012

Kata Kunci:

media canva, hasil belajar

Abstrak

Latar belakang pada penelitian ini yaitu masih sedikit siswa yang mencapai nilai KKM yang dapat diartikan masih rendahnya hasil belajar siswa serta tingkat partisipasi maupun keaktifan siswa pada proses pembelajaran masih rendah, yang disebabkan oleh proses pembelajaran masih menggunakan model pembelajaran satu arah dan sederhana. Sehingga peneliti ingin menerapkan model pembelajaran berbasis masalah.

Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan desain one group pretest-posttest. tes dilakukan sebanyak 2 kali yaitu sebelum (pretest) dan sesudah diberikan treatment (posttest) dengan soal pilihan ganda berjumlah 25 butir soal.

Hasil paired sample test mendapatkan nilai sig. 2 tailed 0,00 < 0.05., standar deviasi sebesar 9,09 dan nilai t hitung sebesar 34,96 > t tabel 1.66. Dimana penerapan media canva berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa XI TKR SMKN 1 Jabon.

 

Kata kunci: media canva, hasil belajar

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-17

Terbitan

Bagian

Pendidikan Teknik Mesin
Abstract views: 39 , PDF Downloads: 27