PENGARUH PENGALAMAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI ASPEK NON TEKNIS TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA TEKNIK PEMESINAN SMK YPM 1 TAMAN
Kata Kunci:
pengalaman praktik kerja industri aspek non teknis, kesiapan kerja, siswaAbstrak
Abstrak
Sekolah Menengah Kejuruan merupakan suatu salah satu lembaga pendidikan formal penghasil sumber daya manusia yang menyiapkan kualitas lulusan pada suatu bidang pekerjaan tertentu. Kualitas lulusan dari Sekolah Menengah Kejuruan bergantung kepada kesiapan kerja siswa. Kesiapan kerja siswa perlu diperhatikan dengan seksama, salah satunya melalui praktik kerja industri. Kurangnya pemahaman terkait kesiapan kerja bagi siswa mangakibatkan pengalaman yang didapatkan selama menempuh pendidikan menjadi kurang. Adapun tujuan penelitian ini meliputi: 1) menganalisis kesiapan kerja siswa teknik pemesinan SMK YPM 1 Taman setelah melaksanakan praktik kerja industri; 2) menganalisis pengaruh pengalaman praktik kerja industri aspek non teknis terhadap kesiapan kerja siswa teknik pemesinan SMK YPM 1 Taman. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif deskriptif dengan desain ex-post facto. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik pengujian regresi sederhana. Hasil analisis data penelitian menunjukan bahwa kesiapan kerja siswa teknik pemesinan SMK YPM 1 Taman setelah melaksanakan praktik kerja industri termasuk dalam kriteria cukup berdasarkan nilai rata-rata 90. Disamping itu, pengaruh pengalaman praktik kerja industri aspek non teknis terhadap kesiapan kerja siswa teknik pemesinan SMK YPM 1 Taman memiliki dampak yang positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja siswa sebesar 58,1%.
Kata kunci: pengalaman praktik kerja industri aspek non teknis, kesiapan kerja, siswa.
Unduhan
Referensi
1. Agnes Widiastuti. (2021). Pengaruh Praktek Kerja Industri (Pakerin) Terhadap Kesiapan Kerja Siswa (Survei pada Kelas XII Kompetensi Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Pasundan 1 Kota Bandung).
2. Alfaris, M. A. (2023). Studi Literatur: Pentingnya Pengenalan Praktik Kerja Industri Dalam Pendidikan Teknik Bangunan. Prosiding Seminar Pendidikan Kejuruan dan Teknik Sipil (E-Journal, 1, 2023.
3. Ani, E. (2017). Hubungan antara Keharmonisan Keluarga Dengan Sikap Disiplin Siswa. Jurnal Paedagogy, 4(2), 42–49.
4. Antara, M., & Yogantari, M. V. (2018). Keragaman Budaya Indonesia Sumber Inovasi Industri Kreatif. Senada, 1, 292–301.
5. Arisanti, A., Imanda, A., & Saputra, H. E. (2020). Analisis Kualitas Kerja Pegawai Tata Usaha Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bengkulu Tengah. Profesional: Jurnal Komunikasi dan Administrasi Publik, 7(1), 57–63. https://doi.org/10.37676/professional.v7i1.1093
6. Bariyyah, K., Hastini, R. P., & Wulan Sari, E. K. (2018). Konseling Realita untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Siswa. Konselor, 7(1), 1–8. https://doi.org/10.24036/02018718767-0-00
7. Datadiwa, D., & Widodo, J. (2015). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesiapan Kerja Siswa Smk Negeri 1 Warureja Tahun 2014. Economic Education Analysis Journal, 4(1), 31–37. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj
8. Febrina, A., Hasri, C., Suryani, K., Informatika, P. T., Komputer, D., Keguruan, F., Pendidikan, I., Aziz, B., By, C., Aie, P., Padang, P., & Barat, S. (2021). Pengembangan Standar Pelaksanaan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) Mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Informatika Dan Komputer. Seminar Nasional Informatika (SENATIKA) , 3–3.
9. Ikbal, M., Syarifuddin, H., & Saifullah. (2019). Pengaruh Profesionalisme Kerja Aparat Terhadap Kualitas Kerja Di Kantor Desa Bulo Wattang Kecamatan Panca Rijang Kabupaten Sidenreng Rappang. Jurnal Moderat, 5(1), 16–31.
10. Kailan, F. (2024). Pengaruh Praktik Kerja Lapangan, Informasi Dunia Kerja Dan Motivasi Memasuki Dunia Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas Xii Smk N 4 Bandar Lampung. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 1(April).
11. Kusnaeni, Y., & Martono, S. (2016). Pengaruh persepsi tentang praktik kerja lapangan, informasi dunia kerja dan motivasi memasuki dunia kerja terhadap kesiapan kerja siswa SMK. Economic Education Analysis Journal, 5(1), 16–29. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj
12. Marlina, Y. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Guided Discovery Learning dalam Materi Kerja Sama pada Siswa Kelas V SD Negeri 133 Halmahera Selatan. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 53–61.
13. Munfariah, S. U., & Saka, D. N. (2020). Implementasi Teknik Bagi Hasil Pada Kerjasama Antara Petani Bawang Merah Dengan Pekerja Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Qawanin, 4(2), 209.
14. Muspawi, M., & Lestari, A. (2020). Membangun Kesiapan Kerja Calon Tenaga Kerja. Jurnal Literasiologi, 4(1), 111–117. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v4i1.138
15. Nabilah, & Suprayitno. (2022). DAMPAK MEDIA SOSIAL (TIK-TOK) TERHADAP KARAKTER SOPAN SANTUN SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR Izza. PGSD,FIP Universitas Negeri Surabaya, 10(4), 735–745.
16. Nasrullah, M., Ismail, S., Jamaluddin, & Hajrah. (2020). Pengaruh Praktek Kerja Industri terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Enrekang. Journal of Publick Administration, 1–10. http://ojs.unsamakassar.ac.id/jpa/article/view/62
17. Novita, D. I., & Armida, A. (2022). Pengaruh Pengalaman Praktek Kerja Industri dan Motivasi Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Siswa. Jurnal Ecogen, 5(1), 70. https://doi.org/10.24036/jmpe.v5i1.12759
18. Nurgiansah, T. H. (2021). Pendidikan Pancasila Sebagai Upaya MembentukKarakter Jujur. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 9(1), 33–41.
19. Nuroniyah, S. (2018). Pengembangan instrumen pengukuran sikap tanggung jawab siswa madrasah aliyah. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 6(2), 134. https://doi.org/10.30738/wd.v6i2.3392
20. Oktaviastuti, B., Dardiri, A., & Nindyawati. (2016). Meningkatkan Technical Skill Siswa SMK Teknik Bagunan Melalui Pelaksanaan Praktik Kerja Industri. Jurnal Pendidikan, 1(4), 681–685.
21. Parinsi, M. T., Mewengkang, A., & Rantung, T. (2021). Perancangan Sistem Informasi Sekolah Di Sekolah Menengah Kejuruan. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(3), 227–240. https://doi.org/10.53682/edutik.v1i3.1340
22. Permana, T. R. S., Kusumah, I. H., & Permana, T. (2019). Kesiapan Kerja Peserta Didik Smk Yang Sudah Melaksanakan Praktik Kerja Industri. Journal of Mechanical Engineering Education, 6(1), 118–123.
23. Pitriyani, A. H. (2020). Pengaruh Pengalaman Kerja, Latar Belakang Pendidikan Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Pegadaian Persero Cabang Rantauprapat. jurnal EBMA, 1, 60–68.
24. Pratiwi, S. I. (2020). Pengaruh Ekstrakurikuler Pramuka terhadap Karakter Disiplin Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 62–70. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.90
25. Priyanto, A. (2014). Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Bermain. Journal.Uny.Ac.Id, 02.
26. Ramadhan, G., Kusumah, I., H., & Solehudin, A. (2020). Pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Industri Terhadap Kesiapan Kerja Peserta Didik Di SMK Negeri 2 Bandung. Journal of Mechanical Engineering Education, 7(2), 225–234.
27. Riyanti, S., & Kasyadi, S. (2021). Motivasi dan Pengalaman Praktek Kerja Industri Mempengaruhi Kesiapan Kerja Siswa: Studi pada SMK Swasta di Kabupaten Bogor. In Jurnal Pendidikan IPS (Vol. 4, Nomor 1). https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/herodotus/article/view/8815
28. Salsabila, E. F., Hanggara, G. S., & Dwi, R. (2021). Pengaruh Media Sosial Tiktok Terhadap Perilaku Sopan Santun Siswa Smk Pgri 2 Kediri. Seminar Nasional Virtual, Konseling Kearifan Nusantara, 32–41.
29. Setyabudhi, A. L. (2020). Task Analysis Dalam Kompetensi Perawatan Kendaraan. In Technical and Vocational Education (Vol. 1, Nomor 1).
30. Sitepu, J. M., Masitah, W., Nasution, M., & Ginting, N. (2022). Media Pembelajaran Islamic Cartoon Pocket Book untuk Meningkatkan Perilaku Santun Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6137–6148. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3320
31. Sulistyowati, R. (2017). Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan Dan Praktik Kerja Industri (Prakerin) Terhadap Sikap Kewirausahaan Siswa Smk Negeri Di Surabaya. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 2(1), 85. https://doi.org/10.26740/jepk.v2n1.p85-102
32. Sultonurohmah, N. (2017). Strategi Penanaman Nilai Karakter Jujur dan Disiplin Siswa. Jurnal Al-Ibtida’, 5(2), 1–21.
33. Suryadi, A., Sjafitri, H., & Hasan, L. (2018). Pengaruh Kualitas Kerja dan Efisiensi Kerja terhadap Produktifitas Kerja Bintara TNI-AD di Makorem 032/Wirabraja. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 9(1), 48–64.
34. Syahroni, F. (2014). Persepsi Siswa Terhadap Manfaat Pelaksanaan Praktek Kerja Industri Di Smk N 1 Lembah Gumanti. Bahana Manajemen Pendidikan Jurnal Administrasi Pendidikan, 2(1), 275–281. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/bahana/article/view/3762
35. Syailla, A. N. (2017). Pengaruh Praktik Kerja Industri Dan Motivasi Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(3), 358–365. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v5i3.4421
36. Tarigan, M., Alvindi, A., Wiranda, A., Hamdany, S., & Pardamean, P. (2022). Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara dan Perkembangan Pendidikan di Indonesia. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 149–159. https://doi.org/10.33487/mgr.v3i1.3922
37. Wiharja, H. (2018). Pengaruh Pengalaman Praktek Kerja Industry dan Internal Locus Of Control Terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK. Jurnal FamilyEdu, 5(1), 48–54. https://ejournal.upi.edu/index.php/familyedu/article/download/17578/9651
38. Yusuf, N. (2018). Pengaruh Kepemimpinan, Tanggung Jawab, Kedisiplinan Dan Kerjasama Terhadap Kinerja Pegawai di Universitas Gorontalo. Gorontalo Development Review, 1(1), 15. https://doi.org/10.32662/golder.v1i1.111
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian

