EVALUASI PENERAPAN PEMBELAJARAN SISTEM BLOK JURUSAN TEKNIK PEMESINAN SMK YAYASAN PENDIDIKAN DAN SOSIAL MA’ARIF 1 TAMAN

Penulis

  • Kevin Aldino Erwansa Universitas Negeri Surabaya
  • Susanti

Kata Kunci:

Evaluasi Pembelajaran, Sistem Blok, Model CIPP

Abstrak

Pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) menuntut strategi yang mampu mengoptimalkan keterampilan vokasional siswa. Salah satu pendekatan yang diterapkan adalah sistem blok, yaitu metode pengorganisasian waktu pembelajaran yang memberikan durasi lebih panjang dalam satu kali pertemuan, khususnya pada mata pelajaran praktik. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan pembelajaran sistem blok pada jurusan Teknik Pemesinan di SMK Yayasan Pendidikan dan Sosial Ma’arif 1 Taman menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, dan Product). Evaluasi ini menjadi penting karena sistem blok telah diterapkan sejak tahun 2023 tanpa adanya kajian evaluatif yang sistematis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif evaluatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket tertutup yang dibagikan kepada 42 siswa kelas XII T.Pm 6, serta dokumentasi nilai Ujian Akhir Semester (UAS) mata pelajaran praktik bubut dan frais. Analisis data dilakukan dengan pendekatan statistik deskriptif menggunakan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek Context memperoleh skor sebesar 73%, Input sebesar 77%, Process sebesar 77%, dan Product sebesar 75%. Nilai rata-rata keseluruhan adalah 75,5%, yang tergolong dalam kategori “baik”. Selain itu, rata-rata hasil belajar siswa berdasarkan nilai UAS mencapai 83,79%, yang juga termasuk kategori “baik”. Temuan ini menunjukkan bahwa sistem blok berkontribusi positif terhadap peningkatan efektivitas pembelajaran praktik, dengan dukungan sarana-prasarana, manajemen waktu, serta keterlibatan guru dan siswa yang optimal. Penelitian ini memberikan rekomendasi agar evaluasi berkala terus dilakukan guna menjaga mutu implementasi sistem blok sebagai strategi pembelajaran vokasional.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

A Heriyanto , S Haryani, S. S. (2013). PENGEMBANGANMULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS EDUCATIONGAME SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/chemined

Ali, Mohammad. (2009). Pendidikan untuk pembangunan nasional: menuju bangsa Indonesia yang mandiri dan berdaya saing tinggi. Grasindo.

Anas, Sudijono. (2006). Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Arifin, Zainal (2009). Evaluasi pembelajaran. Vol. 8. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik.Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Bahri, Syamsul. (2017)."Pengembangan kurikulum dasar dan tujuannya." Jurnal Ilmiah Islam Futura 11.1: 15-34.

Depdikbud. (1990). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 29 Tahun 1990 tentang Pendidikan Menengah.

Dharma, Surya. (2005). "Manajemen kinerja falsafah teori dan penerapannya." Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dinata, Feri Riski. (2020). "Teknik Pengolahan Hasil Asesmen Pendidikan Agama Islam (Penentuan Standar Asesmen, Teknik Pengolahan dengan Menggunakan Pendekatan Penilaian Acuan Patokan (PAP), dan Acuan Norma (PAN) di SMK Muhammadiyah Mlati Yogyakarta)." Jurnal Al Hikmah 1.1: 8-24.

Governors, L. B. (1998). Block Schedulling : Innovatios With Time. The Notheast and Islands Regional Educational Laboratory at Brown University (online), http://www.brown.edu

Hastuti, Meidina, and Weni Nelmira. (2021). "Student Learning Motivation in the Subject of Dressmaking Using the Block System in SMKN6 Padang." The 3rd ICCFBT 2020. Jaya, I. Made Laut Mertha. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif: Teori, Penerapan, dan Riset Nyata. Anak Hebat Indonesia.

Mahirah, B. (2017). "Evaluasi belajar peserta didik (siswa)."Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan 1.2.

Mardapi, D., 2008, Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Non Tes. Yogyakarta : Mitra Cendikia Offset.

Nafi’ah, Lailin. (2021). Pembelajaran Matematika Kelas V dengan Model Belajar Tuntas Mastery Learning) di MIMA Nurul Hikmah Tahun Pelajaran 2020/2021. Diss. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah.

Nolker, Helmut, and Eberhard Schoenfeldt. (1983). "Pendidikan kejuruan (Alih Bahasa Agus Setiadi)." Jakarta: PT. Gramedia.

Nugraha, Ugi. (2019) "Evaluasi Program Manajemen Klub Sepakbola Kota Jambi." Cerdas Sifa Pendidikan 8.2: 37-48.

Prastyo, Novian Yudha, and Yoto Yoto. (2017). "Persepsi Mahasiswa Terhadap Efektifitas Pembelajaran Dengan Sistem Blok Matakuliah Praktikum Pada Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang."Jurnal Teknik Mesin 24.2.

Sanjaya. (2015). Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Bandung: CV Pustaka Setia.

Sax, Gilbert. (1997). Principles of educational and psychological measurement and evaluation. Wadsworth Publishing Company.

Sudjana, Nana. (2010). "Penilaian hasil proses belajar mengajar."Bandung:Remaja Rosdakarya.

Sumiharyati, Sumiharyati, & Suharsimi Arikunto. (2019). "Evaluasi program inservice training guru SMK di BLPT Yogyakarta." Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan 7.2 Hal.160-173.

Sutrisno, Edy. (2009)."Manajemen Sumber daya manusia, kencana”. Jakarta:Kencana

Zainudin, Ahmad. (2017). "Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Baca Tulis AlQur’an (BTA) di MTs Negeri Surakarta I Tahun Ajaran 2015/2016”.

Ilmi, Rukun. (2020). “Evaluation of the Block System Implementation at Permata Harapan Vocational High School”.

Kurniadi, Muskhir. (2022). “Evaluasi Pelaksanaan Sistem Blok dalam Kurikulum Pusat Keunggulan”.

Nurrahma, dkk., (2023). “Evaluation Implementation Of The Independent Curriculum With The CIPP Model In Vocational High Schools”.

Hilmiyati, F., Panggabean, T. E., Khoirunnisa, R. N., Dewanto, D., Siregar, M. S., & Santosa, T. A. (2024). The Effectiveness of the CIPP Evaluation Model in Science Learning in the Era of the Industrial Revolution 4.0. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(6), 1375–1384.

Diterbitkan

2025-06-23

Terbitan

Bagian

Pendidikan Teknik Mesin
Abstract views: 4 , PDF Downloads: 2