PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS APLIKASI HEYZINE FLIPBOOKS GUNA MENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 7 SURABAYA
Kata Kunci:
Kata kunci: e-Modul, Heyzine Flipbooks, Sistem Penerangan dan Lampu Tanda, Hasil BelajarAbstrak
Penelitian ini merupakan pengembangan e-Modul berbasis aplikasi Heyzine Flipbooks pada materi sistem penerangan dan lampu tanda untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 7 Surabaya. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate). Hasil penelitian meliputi data kelayakan e-Modul yang dinilai oleh para ahli serta data hasil belajar siswa. Penilaian kelayakan oleh validator menunjukkan skor rata-rata dari ahli media sebesar 3,81; ahli materi sebesar 3,83; dan ahli bahasa sebesar 3,77. Berdasarkan hasil tersebut, e-Modul dinyatakan sangat layak dari segi materi, media, dan bahasa. Data hasil belajar diperoleh dari perbandingan nilai pretest dan posttest siswa. Nilai rata-rata pretest sebesar 51,15 meningkat menjadi 84,44 pada posttest. Peningkatan ini dianalisis menggunakan rumus N-Gain dan diperoleh skor sebesar 0,58 yang termasuk dalam kategori sedang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan e-Modul cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata kunci: e-Modul, Heyzine Flipbooks, Sistem Penerangan dan Lampu Tanda, Hasil Belajar
Unduhan
Referensi
1. Admadianti, N. T., & Irfa’i, M. A. (2016). Pengembangan Modul Teknologi Mekanik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Teknik Pemesinan Smk Negeri 3 Buduran Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 5(2), 62–67.
2. Batubara, H. H. (2016). Penggunaan Google Form di Prodi Pgmi Uniska Muhammad Arsyad Al Banjari. 8(2), 39–50.
3. DPSMA. (2017). Panduan Praktis Penyusunan e-Modul.
4. Firdausya, D. R., & Urip, W. (2024). Cendikia Cendikia. 2(5), 209–217.
5. Gumelar, G., & Gunadi. (2017). Identifikasi Kompetensi SMK Teknik Kendaraan Ringan Yang Dibutuhkan Industri Otomotif di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Edisi XX, 1–13.
6. Halimah, N., & Adiyono. (2022). Unsur-Unsur Penting Penilaian Objek Dalam Evaluasi Hasil Belajar. 2(1), 160–167.
7. Hamidah, L. N., & Hasanah, F. N. (2024). Pengembangan E-Modul Interaktif Pada Mata Pelajaran Administrasi Jaringan di SMK. 3, 1–13.
8. Hudaniah, H., & Utami, Y. G. D. (2013). Self Efficacy dengan Kesiapan Kerja Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 01(01), 40–52. www.bps.go.id,
9. Khomaria, I. N., & Puspasari, D. (2022). Pengembangan E-modul Berbasis Model Learning Cycle pada Materi Media Komunikasi Humas Kelas XI OTKP. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 2492–2503.
10. Lestari, I. (2023). Pengaruh Waktu Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika, 2(3), 135–141. https://doi.org/10.47662/jkpm.v2i3.479
11. Paling, S., Sari, R., Mas Bakar, R., Cory Candra Yhani, P., Mukadar, S., Lidiawati, L. S., Indah, N., & Hilir, A. (2023). Belajar dan Pembelajaran.
12. Persa, Putra, R. W., & Komikesari, H. (2023). Pengembangan e-Modul Interaktif Menggunakan Berbasis Mocrosoft Office Sway Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik. 2(1), 30–35.
13. Riduwan. (2009). Skala Pengukuran Variabel variabel Penelitian. Alfabeta.
14. Rijal, A., & Egok, A. S. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Membaca Berorientasi Strategi PQ4R di Kelas IV Sekolah Dasar. 3(2), 355–371.
15. Ritonga, A. K. (2022). Pengembangan dan Pembinaan Karir Guru di bidang Pendidikan Kejuruan. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 6(2), 3973–3982. https://doi.org/10.58258/jisip.v6i2.3042
16. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Serta R&D. In Alfabeta, CV. Alfabeta.
17. Sukarelawan, M. I., Indratno, T. K., & Ayu, S. M. (2024). N-Gain vs Stacking.
18. Wulan, A. R. (2001). Pengertian dan esensi konsep evaluasi, asesmen, tes, dan pengukuran. 1–12.
19. Zainudin, & Ubabuddin. (2023). Ranah Kognitif, Afektif dan Psikomotorik Sebagai Objek Evaluasi Hasil Belajar Peserta Didik. ILJ: Islamic Learning Journal (Jurnal Pendidikan Islam), 915–931.
20. Zinnurain. (2021). Pengembangan e-Modul Pembelajaran Interaktif Berbasis Flip PDF Corporate Edition Pada Mata Kuliah Manajemen Diklat. Jurnal Inovasi Riset Akademik, 1(1), 132
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Abstract views: 54
,
PDF Downloads: 44