PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS E-JOBSHEET UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PRAKTIK SISWA PADA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK NU 1 KARANGGENENG LAMONGAN
Kata Kunci:
E-Jobsheet, Kelayakan Media, Hasil Praktik, Respon Siswa, Elemen Sistem SasisAbstrak
Abstrak
Penelitian ini merupakan pengembangan media pembelajaran berbasis E-Jobsheet untuk meningkatkan efektivitas praktik siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan di SMK NU 1 Karanggeneng Lamongan. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate) dengan desain posttest only control group. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis E-Jobsheet di SMK NU 1 Karanggeneng Lamongan. Hasil penelitian meliputi uji kelayakan media yang dinilai oleh para ahli, hasil praktik siswa serta respon siswa terhadap media E-Jobsheet tersebut. Validasi ahli menunjukkan bahwa media sangat layak digunakan dengan skor rata-rata sebesar 96%. Hasil praktik siswa juga menunjukkan pengaruh yang signifikan, di mana rata-rata nilai kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, yang dibuktikan dengan uji-t (t hitung = 5,313 t tabel 2,011 dengan p < 0,05). Respon siswa terhadap media juga sangat positif dengan persentase rata-rata di atas 92%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis E-Jobsheet efektif digunakan dalam kegiatan praktik teknik kendaraan ringan.
Kata kunci : E-Jobsheet, Kelayakan Media, Hasil Praktik, Respon Siswa, Elemen Sistem Sasis
Unduhan
Referensi
1. Bukit, M. (2014). Strategi dan Inovasi Pendidikan Kejuruan. Bandung: Alfabeta.
2. Effendi, H., & others. (2020). Pengembangan Jobsheet Berbasis PJBL Pada Mata Pelajaran Instalasi Tenaga Listrik Kelas XI TITL di SMK Negeri 1 Pariaman. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 2(4), 125–132.
3. Fauziah, A. A., Hakim, L., & Hawing, H. (2022). Kebijakan Pembelajaran Daring Ditengah Pandemi Covid-19 Di Sekolah Menengah Atas Negeri 11 di Kabupaten Bone. Kybernology : Journal of Government Studies, 2(1), 30–43. https://doi.org/10.26618/kjgs.v2i1.8432
4. Harefa, D. (2022). Edukasi Pembuatan Bookcapther Pengalaman Observasi Di Smp Negeri 2 Toma. Haga: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 69–73.
5. Insya, A., & Sukaswanto, S. (2021). Pengembangan Modul Perawatan Dan Perbaikan Sasis, Pemindah Tenaga Kelas Xi Smkn 2 Klaten. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 3(2), 1–8. https://doi.org/10.21831/jpvo.v3i2.40438
6. Irman, W. P., Syah, N., Giatman, M., & Fadhillah, F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran E-Jobsheet Praktek Rekayasa Plumbing Dan Sanitasi. Cived, 9(2), 96. https://doi.org/10.24036/cived.v9i2.117378
7. Kurniawan, M. Z., & Hidayatullah, R. S. (2023). Penerapan E-Jobsheet Sebagai Media Pembelajaran Praktik Motor Diesel PENGEMBANGAN E-JOBSHEET PRAKTEK MOTOR DIESEL PADA PRODI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA. 241–244.
8. Larassari, S. S. (2020). Pengembangan E-Jobsheet Continuous Variable Transmission (Cvt) Sepeda Motor Pada Praktik Pemeliharaan Cvt Siswa Kelas Xii Smk N 4 Semarang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Dan Kejuruan, 13(2), 95. https://doi.org/10.20961/jiptek.v13i2.21888
9. Mindarta, E. K., Irdianto, W., Kusuma, F. I., Putra, A. B. N. R., & Ihwanudin, M. (2018). the Effectiveness of Using E-Jobsheet in Teaching Machine Control System Practice. Erudio Journal of Educational Innovation, 5(2), 65–69. https://doi.org/10.18551/erudio.5-2.9
10. Putri, S., & Hidayati, L. (2023). Pengembangan E-Jobsheet Pembuatan Pola Tunik Pada Kelas Xii Busana 2 Di Smk Negeri 1 Jabon. Online Tata Busana, 12(1), 64–72.
11. Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.
12. Sabri, M., & Elfizon, E. (2020). Pengembangan Jobsheet Berbasis Industri pada Mata Kuliah Praktik Instalasi Listrik Industri. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 1(1), 91–94. https://doi.org/10.24036/jpte.v1i1.42
13. Sabrina, C. Y. (2024). Pengaruh Efektivitas Praktik Kerja Industri,Self-Efficacy (EfikasiDiri), Dan Motivasi Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK. 2(3), 454–474.
14. Sanga, L. D., & Wangdra, Y. (2023). Pendidikan Adalah Faktor Penentu Daya Saing Bangsa. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi (SNISTEK), 5(September), 84–90. https://doi.org/10.33884/psnistek.v5i.8067
15. Sari, M., Habibi, M., & Putri, R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pairs-Share Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Pengembangan Karakter Siswa SMA Kota Sungai Penuh. Edumatika : Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 7. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v1i1.221
16. Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
17. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, R&D. ALFABETA, CV.
18. Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. ALFABETA, CV.
19. Syaiful Huda, D. W. (2020). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Dan Ejobsheet Sistem Penerangan Mobil Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Teknik Kendaraan Ringan. Jmel, 9(2).
20. Wibowo, R. E., Santoso, J. T. B., & Widiyanto, W. (2020). Pengaruh Praktik Kerja Industri, Prestasi Belajar Dan Motivasi Memasuki Dunia Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas Xi Smk. Business and Accounting Education Journal, 1(2), 147–155. https://doi.org/10.15294/baej.v1i2.41448
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Abstract views: 79