PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS, MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN MESIN KENDARAAN RINGAN KELAS XI JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN OTOMOTIF DI SMK N 3 SURABAYA
Kata Kunci:
Problem Based Learning (PBL), berpikir kritis, motivasi belajar, hasil belajarAbstrak
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis, motivasi belajar, dan hasil belajar siswa kelas XI jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif di SMK N 3 Surabaya. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain kelas eksperimen dan kontrol. Data dikumpulkan melalui angket dan tes, kemudian dianalisis menggunakan uji Independent Sample Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PBL secara signifikan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, dengan kelompok eksperimen menunjukkan skor rata-rata yang lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol. Model PBL juga berpengaruh positif terhadap motivasi belajar, dengan kelompok eksperimen memperoleh skor yang lebih baik daripada kelompok kontrol. Selain itu, hasil belajar siswa mengalami peningkatan signifikan, dengan kelompok eksperimen mencapai skor yang lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol. Analisis respon siswa menunjukkan sikap positif terhadap PBL, mencerminkan kepuasan dan apresiasi terhadap kolaborasi yang ditawarkan. Kesimpulannya, PBL efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis, motivasi, dan hasil belajar siswa. Disarankan agar model PBL diintegrasikan lebih luas dalam kurikulum SMK, dengan fokus pada topik relevan industri untuk mempersiapkan siswa menghadapi tantangan masa depan. Pelatihan bagi guru dan evaluasi berkelanjutan terhadap instrumen penelitian juga sangat dianjurkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan.
Kata kunci: Problem Based Learning (PBL), berpikir kritis, motivasi belajar, hasil belajar.
Unduhan
Referensi
1. Abidin, Z., Karyono, H., & Rahayu, E. M. (2021). Pengaruh Model Project Based Learning Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Produktif Di Smk. Jipi (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 6(1), 58–64. Https://Doi.Org/10.29100/Jipi.V6i1.1619
2. Andi Kamal, 2024. (2024). Kurikulum Merdeka Dalam Studi Kasus Pbl : 3(1), 15–28.
3. Ardianti, R., Sujarwanto, E., & Surahman, E. (2022). Problem-Based Learning: Apa Dan Bagaimana. Diffraction, 3(1), 27–35. Https://Doi.Org/10.37058/Diffraction.V3i1.4416
4. Arini, W., & Lovisia, E. (2019). Respon Siswa Terhadap Media Pembelajaran Alat Pirolisis Sampah Plastik Berbasis Lingkungan Di Smp Kabupaten Musi Rawas. Thabiea : Journal Of Natural Science Teaching, 2(2), 95–104. Https://Doi.Org/10.21043/Thabiea.V2i2.5950
5. Asrulla, Risnita, Jailani, M. S., & Jeka, F. (2023). Populasi Dan Sampling (Kuantitatif), Serta Pemilihan Informan Kunci (Kualitatif) Dalam Pendekatan Praktis. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 26320–26332.
6. Aulia Rahmat, Andrizal, I. Y. B. (2023). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Teknologi Dasar Otomotif Siswa Smk Negeri 1 Padang. Borobudur Educational Review, 3(1), 1–10. Http://Siasat.Fkip-Umt.Ac.Id/Siasat-Fkipumt.Net/Assets/Pdf/Pengaruh_Model_Pembelajaran_Cooperative_Script_Pada_Pembelajaran_Menceritakan_Kembali_Teks_Ulasan_Tentang_Kualitas_Karya_Cerpen_Pada_Siswa_Kelas_Viii_Mts_Daarul_Hikmah_Cipondoh.Pdf
7. Dewanto, & Santosa, T. A. (2024). Pengaruh Model Discovery Learning Berbasis Iot Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa: Meta -Analysis. Puan Indonesia, 5(2), 615–626. Https://Doi.Org/10.37296/Jpi.V5i2.223
8. Dwi Nugraheni Rositawati, 2018. (2018). Kajian Berpikir Kritis Pada Metode Inkuiriheni. 74–84.
9. Hermansyah. (2020). Problem Based Learning In Indonesian Learning. 3(3), 2257–2262.
10. Indardi, M. D. (2023). Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Terhadap Metode Pembelajaran Online Melalui Penghargaan Dan Hukuman. 493–499.
11. Meilasari, S., Damris M, D. M., & Yelianti, U. (2020). Kajian Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Dalam Pembelajaran Di Sekolah. Bioedusains:Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 3(2), 195–207. Https://Doi.Org/10.31539/Bioedusains.V3i2.1849
12. Melina, N. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning ( Pbl ) Terhadap Hasil Belajar Fbb Dan Kpk Di Kelas Iv Sdn Gugus 5. 4, 2502–2507.
13. Rohmah, A. N., & Dasar, P. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. 09(02), 193–210.
14. Rustamana, A., Wahyuningsih, P., Azka, M. F., & Wahyu, P. (2024). Penelitian Metode Kuantitatif. Sindoro Cendikia Pendidikan, 5(6), 1–10.
15. Sajadi, D. (2022). Komponen Proses Pembelajaran Melalui Belajar Mengajar . Pembelajaran Merujuk Kepada Interaksi Aktif Peserta Didik Dan Relevan Dengan Konsep Belajar Yang Menghendaki Students Centre . Pendidik. Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 36–48.
16. Selvi Meilasari, 2020. (2020). Kajian Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Dalam Pembelajaran Di Sekolah. 3(3), 195–207.
17. Sugiyono, P. D. (2022). Metode Penelitian.
18. Suryanti. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Terintegrasi Stem (Science, Technology, Engineering And Math) Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas Xi Mia Di Sma N 10 Kota Jambi. In Industry And Higher Education (Vol. 3, Issue 1).
19. Utomo, W. (2021). Paradigma Pendidikan Vokasi: Tantangan, Harapan Dan Kenyataan. Almufi Journal Of Measurement, Assessment, And Evaluation Education, 1(2), 65–72.
20. Yuliana, Y. (2019). Inovasi Pembelajaran Melalui Teknologi Informasi: Pengembangan Model Pembelajaran Melalui Internet. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 4(1), 119–132. Https://Doi.Org/10.15575/Isema.V4i1.5179
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Abstract views: 129
,
PDF Downloads: 78