P Penerapan Model PjBL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Gambar Teknik Manufaktur di SMKN 3 Surabaya

Penulis

  • Savira Nur Agustin Universitas Negeri Surabaya
  • Kurniawan Universitas Negeri Surabaya

Kata Kunci:

Pembelajaran Berbasis Proyek, Hasil Belajar, Gambar Teknik Manufaktur

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik serta dominasi penggunaan model pembelajaran konvensional yang kurang mendukung keterlibatan aktif siswa. Banyak peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami materi, terutama pada mata pelajaran yang menuntut keterampilan praktik seperti Gambar Teknik Manufaktur. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan model Project Based Learning (PjBL) dalam meningkatkan hasil belajar dan keterampilan teknis peserta didik di SMK Negeri 3 Surabaya. Pelaksanaan penelitian dilakukan dalam dua kali pertemuan. Pada pertemuan pertama, peserta didik melakukan pengukuran terhadap benda kerja nyata menggunakan alat ukur presisi. Kemudian, pada pertemuan kedua, mereka menggambar benda kerja tersebut berdasarkan hasil pengukuran dengan menggunakan aplikasi AutoCAD. Model PjBL diterapkan melalui enam tahapan, yaitu merumuskan pertanyaan mendasar, merancang proyek, menyusun jadwal, memantau pelaksanaan, menguji hasil, dan mengevaluasi proses serta produk. Instrumen penelitian yang digunakan mencakup soal pre-test dan post-test untuk mengukur peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan model PjBL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum penerapan model, ketuntasan klasikal hanya mencapai 18%. Setelah pembelajaran dengan model PjBL diterapkan, nilai post-test mengalami peningkatan signifikan hingga mencapai tingkat ketuntasan klasikal sebesar 94%. Temuan ini memperlihatkan bahwa penerapan model PjBL efektif dalam meningkatkan hasil belajar, keterampilan teknis, kemampuan berpikir kritis, serta rasa tanggung jawab peserta didik dalam pembelajaran gambar teknik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Yosar. (2019). Penerapan Model PjBL (Project Based Learning) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Teknik Pemesinan Kelas XI Jurusan Teknik Mesin SMK Negeri 5 Makassar. Universitas Negeri Makassar.

Jalinus, N., & Nabawi, R. A. (2018). Implementation of the PjBL model to enhance problem solving skill and skill competency of community college student. Jurnal Pendidikan Vokasi, 7(3), 304. https://doi.org/10.21831/jpv.v7i3.14286

Thames, L., & Schaefer, D. (2016). Software-defined Cloud Manufacturing for Industry 4.0. Procedia CIRP, 52,12–17.https://doi.org/10.1016/j.procir.2016.07.041

Aryanto, D. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK MANUFAKTUR DI SMKS YPM 7 TARIK SIDOARJO. 99–113.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. In Penerbit Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif Kuantitatif Dan R&D.

Fridyana Vira Izzati RM, & Rizki, A. (2017). Implementasi CAD ( Computer Aided Design ) dalam Proses Desain Produk.

Fajri, R. N., Syahril, & Purwantono. (2022). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI MATA STUDI GAMBAR TEKNIK MANUFAKTUR KELAS XI TP 1 SMK N 1 SUMATERA BARAT BERSAMAAN PENERAPAN MODEL IMPROVING STUDENT LEARNING OUTCOMES IN MANUFACTURING ENGINEERING IMAGE STUDY CLASS XI TP 1 SMK N 1 WEST SUMATERA TOGETHE. 4(4), 90–97.

Diterbitkan

2025-07-25

Terbitan

Bagian

Pendidikan Teknik Mesin
Abstract views: 24