INOVASI PENGEMBANGAN E-LKPD MENGGUNAKAN RASCH MODEL UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN CRITICAL THINKING SISWA KELAS X TKRO SMKN 7 SURABAYA
Kata Kunci:
e-LKPD, Pengembangan, Critical Thinking, Rasch ModelAbstrak
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mengetahui kelayakan soal e-LKPD dengan indikator berpikir kritis pada materi komponen otomotif dan cara kerja motor pembakaran dalam (2 langkah dan 4 langkah) untuk menghasilkan instrumen pengukuran berpikir kritis siswa. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan metode 4D (Define, Design, Develop, Desseminate). Soal yang dikembangkan berupa 25 item multiple choice berbasis video audio untuk menguji kemampuan siswa tentang pengetahuan dan analisis siswa pada materi komponen otomotif dan cara kerja motor pembakaran dalam. Sampel penelitian dipilih dengan teknik purposive sampling dengan 35 siswa TKRO SMKN 7 Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa item pada e-LKPD dinyatakan valid oleh expert judgment dengan rerata sebesar 3,80. Model Rasch diperoleh hasil person reliability sebesar 0,76; item reliability sebesar 0,90; dan Alpha Cronbach (K-20) diperoleh 0,78. Dengan demikian dapat disimpulkan e-LKPD layak digunakan untuk mengukur critical thinking siswa
Kata Kunci: e-LKPD, pengembangan, critical thinking, rasch model
Unduhan
Referensi
Nia Ananda, A., & Asih,. T. (2019). Pengembangan E-LKPD Disertai Komik Berbasis Guided Inquiry Di SMA Negeri 1 Sekampung.
Mulyatiningsih, Endang. 2011. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Mustari, M. (2023). Peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui gerakan literasi dan numerasi. Socio Politica : Jurnal Ilmiah Jurusan Sosiologi, 12(2), 73-80.
Puspita, D. and Andriani, D. (2021). Upaya peningkatan mutu pendidikan di sekolah menengah pertama dan permasalahannya. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(1), 21-37.
Ramadhan, Achmad Faizin, and Rachmad Syarifudin Hidayatullah. 2023. “Analisis Kualitas Butir Soal Ujian Satuan Pendidikan (Usp) Materi C2 Teknik Pemesinan Kelas Xii Di Smk Pgri 1 Lamongan Melalui Model Rasch.” Jptm 12(03): 1–10.
Ramadhan, Muhammad et al. 2019. “Model Rasch Materi Gerak Lurus Kelas X Pontianak Artikel Penelitian.”
Sabrina Anggun Kusuma, & Taqiyyah Karimah. (2025). Pentingnya Wawasan Perspektif Global dalam Menghadapi Tantangan di Era Society 5.0 Bagi Calon Pendidik Maupun Pendidik. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 5(1), 214–223. https://doi.org/10.55606/cendekia.v5i1.3514
Soeryanto, Hidayatullah R.S., and Wahyu D. Kurniawan. 2023. “A Novel, Adaptive, Multimedia-Based Assessment Test for Generation Z in Senior Vocational High Schools.” World Transactions on Engineering and Technology Education 21(3): 159–66.
Sumintono, B. & W. Widhiarso. 2014. Aplikasi Model RASCH untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial. Cimahi: Trim Komunikata.
Widoyoko, E. P., (2015). “Penilaian Hasil Pembelajaran di Sekolah”. Yogyakarta : Pustaka Belajar
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Abstract views: 114
,
PDF Downloads: 38