PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA UNESA DIGITAL SIMULATOR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMK NEGERI 5 SURABAYA

Penulis

  • ANDRE SAPUTRA Universitas Negeri Surabaya
  • Wahyu Dwi Kurniawan Universitas Negeri Surabaya

Kata Kunci:

Media Pembelajaran, Unesa Digital Simulator, Hasil Belajar, Project Based Learning

Abstrak

Abstrak

Berdasarkan masih rendahnya hasil belajar peserta didik diperlukan media pembelajaran yang inovatif dan efektif dengan menggunakan model pembelajaran project based learning dalam upaya meningkatkan hasil belajar.Dari permasalahan ini dilakukan sebuah penelitian untuk menganalisis pengaruh penggunaan media Unesa Digital Simulator dengan model project based learning terhadap hasil belajar peserta didik di SMK Negeri 5 Surabaya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuasi-eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini juga peneliti menggunakan desain penelitian one group pretest posttest.Sampel yang digunakan adalah peserta didik kelas X Teknik Sepeda Motor SMKN 5 Surabaya yang berjumlah 30 peserta didik, Pengumpulan data berupa kuisioner atau angket respon peserta didik dan test. Hasil paired sample test mendapatkan nilai sig. 2 tailed 0,00< 0,05, standar deviasi sebesar 5,45 dan nilai t sebesar 15,08 serta nilai respon peserta didik sebesar 94% merupakan hasil kategori sangat baik.sehingga bisa disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan media Unesa Digital Simulator menggunakan model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar peserta didik SMKN 5 Surabaya.

 

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Unesa Digital Simulator, Hasil Belajar,Project Based Learning

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aghni, R. I. (2018). FUNGSI DAN JENIS MEDIA

PEMBELAJARAN DALAM

PEMBELAJARAN AKUNTANSI. Jurnal

Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(1).

https://doi.org/10.21831/jpai.v16i1.20173

Ahdan, S., Putri, A. R., & Sucipto, A. (2020).

APLIKASI MLEARNING SEBAGAI MEDIA

PEMBELAJARAN CONVERSATION PADA

HOMEY ENGLISH. SISTEMASI, 9(3), 493.

https://doi.org/10.32520/stmsi.v9i3.884

Aisyah, Panjaitan, R. G. P., & Marlina, R. (2016).

Respon siswa terhadap mediae-comic bilingual

sub materi bagian-bagian darah. Jurnal

Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa

(JPPK), 5(3), 1–10.

Andryvo. (2013). Education Journals. Automotive

Engineering, 2.

Anindita Trinura Novitasari, Indah Purnama Sari, & Zaeni

Miftah. (2020). Pelatihan Membuat Media

Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi

Informasi. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI,

4(1), 66–73.

https://doi.org/10.37859/jpumri.v4i1.1848

Berutu, M. H. A., & Tambunan, M. I. H. (2018).

PENGARUH MINAT DAN KEBIASAAN

BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR

BIOLOGI SISWA SMA SE-KOTA STABAT.

JURNAL BIOLOKUS, 1(2), 109.

https://doi.org/10.30821/biolokus.v1i2.351

Dwi, A. (2023). MANFAAT MEDIA PEMBELAJARAN

BESERTA CONTOHNYA.

Dwi Lestari, H., & Putu Parmiti, D. P. P. (2020).

Pengembangan E-Modul Ipa Bermuatan Tes Online

Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Journal of

Education Technology, 4(1), 73.

https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24095

Eva, R. P. V. B., Sumantri, M. S., & Winarsih, M. (2020).

Media Pembelajaran Abad 21: Komik Digital Untuk

Siswa Sekolah Dasar. JPD: Jurnal Pendidikan

Dasar, 1–7.

Faradiba. (2020). Penggunaan Aplikasi Spss Untuk

Analisis Statistika. SEJ (School Education Journal),

Vol. 10, N.

Fauzi, A. (2022). Efektivitas Penggunaan Media

Pembelajaran Digital `terhadap Peningkatan Hasil

Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fisika. Journal

of Educational Technology, Universitas Negeri

Surabaya.

Festiawan, R. (2020). Belajar dan pendekatan

pembelajaran. Universitas Jenderal Soedirman, 1–

17.

Fitri & Haryanti. (2020). Metodologi Penelitian

Pendidikan. Madani Media.

Gufita, A., & Ristadi, F. A. (2017). Hubungan Hasil

Belajar Pelajaran Simulasi Digital Dan Gambar

Teknik Terhadap Pelajaran Teknik Gambar

Manufaktur. Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik,

5(5), 339–344.

Hakiki, M., Sabir, A., Kartika, R., & Al-ihsan, M. I.

(2022). Pengaruh Model Pembelajaran Explicit

Instruction Terhadap Hasil Belajar Simulasi Digital

Matakuliah Kelas X Teknik Komputer Dan Jaringan

(Tkj). Jurnal Muara Pendidikan, 7(1), 60–69.

https://doi.org/10.52060/mp.v7i1.763

hildad universitas negeri surabaya. (2019). Pengaruh

Model Discovery Learning Terhadap. In Jurnal

Edukasi dan Penelitian Matematika Hal (Vol. 8,

Issue 1).

Hum. (2021). Populasi Dan Teknik Sampel. 1–25.

Ibrahim. (2010). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar.

UNESA University Press.

Irwan, I., Luthfi, Z. F., & Waldi, A. (2019). Efektifitas

Penggunaan Kahoot! untuk Meningkatkan Hasil

Belajar Siswa. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 8(1),

95–104. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i1.1866

Jediut, M., Sennen, E., & Ameli, C. V. (2021). Manfaat

Media Pembelajaran Digital dalam Meningkatkan

Motivasi Belajar Siswa SD Selama Pandemi Covid-

19. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 2(2), 3.

Kamil, P. (2018). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Pada

Materi Sistem Pencernaan Pada Manusia Dengan

Menggunakan Media Power Point Dan Media Torso.

Bioedusiana, 4(2), 64– 68.

https://doi.org/10.34289/277901

Kolopita,Katili, Y. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran

Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran

Komputer dan Jaringan Dasar. Journal Inverted.

https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/inve

rted/article/viewFile/13081/3858.

Kusumantara, K. S. (2017). PENGARUH E-LEARNING

SCHOOLOGY TERHADAP HASIL BELAJAR

SIMULASI DIGITAL DENGAN MODEL

PEMBELAJARAN SAVI. Jurnal Pendidikan

Teknologi Dan Kejuruan, 14(2).

https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v14i2.10387

Mahmudah. (2018). Media Pembelajaran Bahasa Arab.

Mellisa, M., & Yanda, Y. D. (2019). Developing audiovisual learning media based on video documentary on

tissue culture explant of Dendrobium bigibbum. JPBI

(Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 5(3), 379–386.

https://doi.org/10.22219/jpbi.v5i3.9993

Moto, M. M. (2019). Pengaruh Penggunaan Media

Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. Indonesian

Journal of Primary Education, 3(1), 20–28.

https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i1.16060

Mustofa Abi Hamid. (2020). Media Pembelajaran.

Yayasan Kita Menulis.

Nasution, A. K. P. (2020). INTEGRASI MEDIA SOSIAL

DALAM PEMBELAJARAN GENERASI Z. Jurnal

Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 13(1), 80–86.

https://doi.org/10.24036/tip.v13i1.277

Nurhaliza, S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran

Project-Based Learning (PjBL) Berbasis Teknologi

terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal of Educational

Technology, Universitas Pendidikan Indonesia

Oemar Hamalik. (1999). Kurikulum dan Pembelajaran.

Bumi Aksara.

Pratiwi, I. T. M., & Meilani, R. I. (2018). PERAN

MEDIA PEMBELAJARAN DALAM

MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR

SISWA. Jurnal Pendidikan Manajemen

Perkantoran, 3(2), 33.

https://doi.org/10.17509/jpm.v3i2.11762

Purnomo, A., Ratnawati, N., & Aristin, N. F. (2016).

Pengembangan Pembelajaran Blended Learning

Pada Generasi Z. Jurnal Teori Dan Praksis

Pembelajaran IPS, 1(1), 70–76.

https://doi.org/10.17977/um022v1i12016p070

Putri, H. P., & Nurafni, N. (2021). Pengaruh Media

Pembelajaran PowerPoint Interaktif terhadap

Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar. Edukatif :

Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3538– 3543.

https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.986

Radiansyah, K. (2018). Media Pmebelajaran Berbasis

Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi

Jaringan Kelas XI.

Rahman, Abd, Sabhayati Asri Munandar, Andi Fitriani,

Yuyun Karlina, and Y. (2022). “Pengertian

Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur

Pendidikan.” Al Urwatul Wutsqa: Kajian

Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam

Meningkatkan Hasil Belajar. Merdeka Belajar,

November, 289– 302.

Ramayulis. (2002). Filsafat Pendidikan Islam.

Quantum Pers.

Roseno, I., & Wibowo, U. B. (2019). Efisiensi eksternal

pendidikan kejuruan di Kota Yogyakarta. Jurnal

Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 7(1), 15–

24. https://doi.org/10.21831/amp.v7i1.10558

Samsul Nizar. (2002). Filsafat Pendidikan Islam.

Ciputat Pers.

Sanca, P. A., Ekohariadi, E., Buditjahjanto, I. A., &

Rijanto, T. (2021). Pemanfaatan Media Lectora

Inspire dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

pada Mata Pelajaran Jaringan Dasar di SMK

Negeri 3 Surabaya. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian

Dan Pembelajaran Informatika), 6(2), 277–285.

Santoso, B. (2023). Implementasi Media Unesa Digital

Simulator dalam Pembelajaran Berbasis Proyek

untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK. Journal of Vocational Education and Training,

Universitas Negeri Surabaya.

Saputra, H. D., Ismet, F., & Andrizal, A. (2018). Pengaruh

Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK.

INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi,

18(1), 25–30.

https://doi.org/10.24036/invotek.v18i1.168

Sudjana. (2005). Metode Statistika. Tarsito.

Sugiono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan

Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta,

Bandung.

Sunami, M. A., & Aslam, A. (2021). Pengaruh

Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi

Berbasis Zoom Meeting terhadap Minat dan Hasil

Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu,

5(4), 1940–1945.

https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1129

Susanti, N. A., & Kurniawan, W. D. (2020).

PENERAPAN MODUL CNC I MENGGUNAKAN

PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK

MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL

BELAJAR MAHASISWA TEKNIK MESIN UNESA.

Journal of Vocational and Technical Education

(JVTE), 2(2), 45–53.

https://doi.org/10.26740/jvte.v2n2.p45-53

Syarifudin Hidayatullah, R., Supardji, S., & Susila, I. W.

(2024). Development of Digital Learning Simulators

to Increase Vocational Students’ Prior Knowledge.

TEM Journal, 13(3), 1981–1988.

https://doi.org/10.18421/tem133-26

Wei, X., Saab, N., & Admiraal, W. (2023). Do learners

share the same perceived learning outcomes in

MOOCs? Identifying the role of motivation, perceived

learning support, learning engagement, and selfregulated learning strategies. The Internet and Higher

Education,56,100880.https://doi.org/10.1016/j.iheduc.

2022.100880

Widharyanto & Prijowuntatao. (2021). Menilai Peserta

Didik. Sanata Dharma University Press

Zayyadi, M., Supardi, L., & Misriyana, S. (2017).

PEMANFAATAN TEKNOLOGI KOMPUTER

SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA GURU

MATEMATIKA. Jurnal Pengabdian Masyarakat

Borneo, 1(2), 25–30.

https://doi.org/10.35334/jpmb.v1i2.298

Zubaidah, S. (2010). Berfikir Kritis : Kemampuan

Berpikir Tingkat Tinggi Yang dapat Dikembangkan

Melalui Pembelajaran Sains. Seminar Nasional Sains

2010 Dengan Tema “Optimalisasi Sains Untuk

Memberdayakan Manusia,” January 2010, 11.

Diterbitkan

2025-07-25

Terbitan

Bagian

Pendidikan Teknik Mesin
Abstract views: 59 , PDF Downloads: 26