EVALUASI PROGRAM TEACHING FACTORY SMK PADA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN DI SURABAYA

Penulis

  • Jovan Josephin Satria .
  • Ali Hasbi Ramadani

Kata Kunci:

Evaluasi, Teaching Factory, Lima Parameter Teaching Factory

Abstrak

Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek melakukan peningkatan pendidikan SMK melalui penyelenggaraan program SMK Pusat Keunggulan. Salah satu program yang dijalankan adalah teaching factory. Teaching Factory adalah model pembelajaran yang memadukan pencapaian kompetensi kurikulum sekolah dan proses produksi sesuai prosedur dan standar dunia kerja. Dalam pelaksanaan suatu program perlu diadakan evaluasi untuk mengukur seberapa jauh tingkat kesesuaian pelaksanaan dengan pedoman yang telah ditentukan. Tujuan penelitian ini adalah mengukur tingkat kesesuaian pelaksanaan program dengan pedoman pelaksanaan teaching factory dan mengetahui faktor pendukung, penghambat, dan solusi dalam pelaksanaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Model evaluasi yang digunakan adalah Illuminative model yang bersifat komprehensif. Variabel yang digunakan adalah lima parameter pelaksanaan teaching factory terdiri dari tata kelola, pembelajaran berbasis produk, sumber daya manusia, sarana prasarana dan hubungan mitra kerja. Data dikumpulkan menggunakan angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa pelaksanaan teaching factory pada lima variabel menghasilkan nilai 91,98% dengan kategori sangat sesuai. Hasil evaluasi penelitian ini menyatakan implementasi teaching factory pada program keahlian teknik pemesinan di SMK “X” Surabaya dapat dilanjutkan dengan beberapa saran atau solusi untuk perbaikan. Solusi dari faktor penghambat yang diberikan antara lain penempelan instruksi kerja, pengadaan jalur kerja, pengadaan materi praktik dari jasa, pengadaan pembelajaran sistem blok, penambahan jumlah pengelola/instruktur, pengadaan kartu MRC, dan job order secara berkelanjutan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Badan Pusat Statistik Nasional. 2024. Berita Resmi Statistik: Keadaan Keteagakerjaan Indonesia Agustus 2024, (Online), (https://www.bps.go.id/id/pressrelease/2024/11/05/2373/keadaan-ketenagakerjaan-.html, diakses 14 Desember 2024).

Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kemendikbudristek. Buku Panduan Teaching Factory. (2023). Pengertian Teaching Factory (hal 5).

Kemendikbud. (2021). Kemendikbud Luncurkan Merdeka Belajar Kedelapan: SMK Pusat Keunggulan. (https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2021/03/kemendikbud-luncurkan-merdeka-belajar-kedelapan-smk-pusat-keunggulan).

Kemendikbudristek. (2021). Pedoman Penyelenggaraan Program SMK Pusat Keunggulan (hal. 76).

Kemendikbud. (2021). Panduan Teknis Pengajuan SMK PK 2021. 1-12. www.kemdikbud.go.id

Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kemendikbudristeek. Buku Panduan Teaching Factory. (2023). Parameter dan Sub Parameter Evaluasi (hal 19-20).

Diterbitkan

2025-07-31

Terbitan

Bagian

Pendidikan Teknik Mesin
Abstract views: 95 , PDF Downloads: 38