STRATEGI DAN TANTANGAN SMK NEGERI 13 SURABAYA DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN DUNIA KERJA

Penulis

  • Sanita Harianto Unesa
  • Dewanto Universitas Negeri Surabaya

Kata Kunci:

Strategi SMK, Tantangan, Dunia Kerja, Pendidikan Vokasi, DUDI

Abstrak

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran SMK dalam mencetak lulusan yang siap menghadapi persaingan dunia kerja. SMK Negeri 13 Surabaya sebagai institusi pendidikan vokasi menghadapi berbagai tantangan dalam menyesuaikan diri dengan tuntutan industri, terutama di era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan strategi yang diterapkan sekolah dalam mempersiapkan lulusan serta mengidentifikasi tantangan yang dihadapi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi (Triangulasi). teknik analisis data dilakukan melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah telah menerapkan strategi seperti kerja sama dengan dunia industri (MoU dan magang), kurikulum 2013 serta pelatihan soft skill dan kewirausahaan. Namun, masih terdapat tantangan seperti keterbatasan fasilitas praktik, kurangnya pelatihan guru, serta belum optimalnya dukungan industri. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu perlunya penguatan sinergi dengan industri dan evaluasi kurikulum secara berkala. Saran yang diberikan meliputi peningkatan sarana praktik melalui pengadaan alat sesuai standar industri, pelatihan guru secara berkelanjutan melalui workshop atau magang di dunia industri serta pengembangan soft skill siswa melalui Project-Based Learning, pelatihan komunikasi, dan keaktifan dalam organisasi atau Prakerin.

Kata kunci: Strategi SMK, Tantangan, Dunia Kerja, Pendidikan Vokasi, DUDI

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Agustian, D., Amartha, A., & Wardoyo, S. (2024). Tantangan Pendidikan Vokasional dalam Meningkatkan Penyerapan Lulusan SMK di Dunia Industri. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 7(3), 1373–1382. https://doi.org/10.30605/jsgp.7.3.2024.5016

Anoraga, P. (2005). Manajemen Bisnis. Jakarta: Rineka Cipta.

Azra, A. (2006). Faith, Values, and Integrity in Public Life. World Ethis Forum: Leadership, Ethics, and Integrity.

BPS. (2024). Pengangguran Terbuka Menurut Pendidikan Tertinggi yang Ditamatkan 1986 - 2024. Bps.Go.Id. July 20, 2025. https://www.bps.go.id/id/statistics-table/1/OTcyIzE=/pengangguran-terbuka-menurut-pendidikan-tertinggi-yang-ditamatkan-1986---2023.html

Buchori, M. (1992). Posisi dan Fungsi Pendidikan Agama Islam Dalam Kurikulum Perguruan Tinggi Umum. Makalah dalam Seminar Nasional di IKIP Malang, 24 Februari 1992.

Danim, S. (1994). Transformasi Sumber Daya Manusia: Analisis Fungsi Pendidikan, Dinamika Perilaku Dan Kesejahteraan Manusia Indonesia Masa Depan. Jakarta: Bumi Aksara.

Dewanto, M., and Pd. n.d. Membekali Kemampuan Abad 21 Siswa Smk Di Era Revolusi Industri 4. 0 Hendrik. Vol. 10.

Diknas. (2008). Pengembangan Soft Skill dalam Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Ehrenberg, R. G., & Smith, R. (2018). Modern Labor Economics: Theory and Public Policy. London: Routledge.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Universitas Diponegoro.

Grün, T., Smith, A., Ehrenberg, H., & Doppelbauer, M. (2018). Passive Hybrid Storage Systems: Influence of Circuit and System Design on Performance and Lifetime. Energy Procedia, 155, 336–349. https://doi.org/10.1016/j.egypro.2018.11.044

Handoko, T. H. (2011). Manajemen Personalia & Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Badan Penerbit Fakultas Ekonomi UGM.

Hartanto, C. F. B., Rusdarti, R., & Abdurrahman, A. (2019). Tantangan Pendidikan Vokasi di Era Revolusi Industri 4.0 dalam Menyiapkan Sumber Daya Manusia yang Unggul. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 2(1), 163–171. https://proceeding.unnes.ac.id/snpasca/article/view/267/394

Lubis, F. M., Lamatokan, S. C., Rahmadhani, M. V., & Purwitasari, M. E. (2023). Peningkatan Kesiapan Siswa SMK Teknikom Cikarang Dalam Menghadapi Dunia Kerja. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 763–769. https://doi.org/10.31949/jb.v4i1.4147

Mangkunegara, A. P. (2005). Manajemen Sumber daya Manusia. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mardiani, I. N., Aprilia, N. I., Pratiwi, V., Qorina, I., Fatmasari, D., & Samudra, J. (2024). Strategi Membangun Reputasi Untuk Sukses Karier Dengan Personal Branding di SMKN 1 Cikarang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 2(4), 1135–1141. https://doi.org/10.59837/jpmba.v2i4.960

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. London: SAGE Publications.

Mulyasa, A. (2002). Manajemen berbasis Sekolah, Konsep Strategi dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nawawi, H. (2006). Evaluasi dan Manajemen Kinerja di Lingkungan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Rahmadhani, M. V., Purwitasari, M. E., Lubis, F. M., & Lamatokan, S. C. (2023). Peningkatan Kesiapan Siswa SMK Teknikom Cikarang Dalam Menghadapi Dunia Kerja. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 763–769. https://doi.org/10.31949/jb.v4i1.4147

Samsudin, S. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Pustaka Setia.

Siagian, S. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Skenda. (2024). Sinkronisasi Kurikulum Sekolah dengan Mitra Industri: Langkah Nyata Menyiapkan Lulusan Siap Kerja. Smkn2-Pas.Sch.Id. July 20, 2025. https://www.smkn2-pas.sch.id/sinkronisasi-kurikulum-sekolah-dengan-mitra-industri-langkah-nyata-menyiapkan-lulusan-siap-kerja/

Sudira, D. (2018). Metodelogi Pembelajaran Vokasional Abad XII. Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sumarsono, S. (2003). Ekonomi Manajemen SDM, Ketenagakerjaan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Suroto. (1992). Strategi Pembangunan dan Perencanaan Kesempatan Kerja. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Syaodih, N. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Widiatna, A. D. (2019). Teaching Factory: Arah Baru Manajemen Sekolah Menengah Kejuruan di Indonesia. Jakarta: Pustaka Kaji.

Widodo, H. (2016). Potret Pendidikan di Indonesia dan Kesiapannya Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asia. Cendekia: Journal of Education and Society, 13(2), 293. https://doi.org/10.21154/cendekia.v13i2.250

Widodo, H. (2019). Pendidikan Holistik Berbasis Budaya Sekolah. Yogyakarta: UAD Press.

Widya, W. (2023). Implementasi Pembelajaran Berorientasi HOTS Dalam Menghadapi Tantangan Dunia Kerja di SMK Ibnu Khaldun. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(12), 1366–1373. https://doi.org/10.59141/japendi.v4i12.2615

Diterbitkan

2025-07-31

Terbitan

Bagian

Pendidikan Teknik Mesin
Abstract views: 59 , PDF Downloads: 88