PENGEMBANGAN MODUL AUTODESK INVENTOR 2023 SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DESAIN TEKNIK BERBASIS CAD UNTUK MAHASISWA TEKNIK MESIN UNESA
Kata Kunci:
Modul Pembelajaran, autodesk inventor 2023, desain teknik, CAD, Pengembangan ADDIEAbstrak
Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan menguji kelayakan serta efektivitas modul Autodesk Inventor 2023 sebagai media pembelajaran desain teknik berbasis CAD bagi mahasiswa Teknik Mesin. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE, yang mencakup tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi modul, soal pre-post test, dan angket respon mahasiswa. Hasil validasi oleh sembilan validator yang terdiri atas ahli materi, media, dan bahasa menunjukkan bahwa modul berada pada kategori sangat layak dengan skor rata-rata 3,69. Instrumen soal pre-post test dan angket respon mahasiswa juga dinyatakan sangat layak dengan skor masing-masing 3,79 dan 4,00. Uji coba terbatas dilakukan kepada sepuluh mahasiswa melalui pre-test dan post-test, yang menunjukkan peningkatan hasil belajar dengan nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,78 dalam kategori tinggi. Selain itu, respon mahasiswa terhadap modul menunjukkan skor rata-rata 3,59, termasuk dalam kategori sangat puas. Dengan demikian, modul Autodesk Inventor 2023 dinyatakan layak, efektif, dan mendapat respon positif sebagai media pembelajaran desain teknik berbasis CAD.
Unduhan
Referensi
Achmad, M., & Ngadiyono, N. (2016). Pengembangan modul pembelajaran berbasis Contextual Teaching and Learning pada materi Autodesk Inventor. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 18(2), 67–75.
Achmad, M., & Ngadiyono, N. (2016). Pengembangan modul pembelajaran berbasis Contextual Teaching and Learning pada materi Autodesk Inventor. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 18(2), 67–75.
Akbar, F., Permana, I., & Ramdhani, A. (2024). Pengembangan modul CAD Inventor berbasis model 4D pada mata kuliah desain kendaraan. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 22(1), 55–65.
Daryanto. (2013). Media pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Dick, W., & Carey, L. (2001). The systematic design of instruction (5th ed.). New York: Longman.
Dieter, G. E., & Schmidt, L. C. (2013). Engineering design (5th ed.). New York: McGraw-Hill.
Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics, 66(1), 64–74.
Heinich, R., Molenda, M., Russell, J. D., & Smaldino, S. E. (2002). Instructional media and technologies for learning (7th ed.). Upper Saddle River, NJ: Merrill Prentice Hall.
Noer Arifin, & Susanti, A. (2018). Pengembangan modul pembelajaran Autodesk Inventor menggunakan model Dick & Carey. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 16(1), 22–30.
Nurcahyo, H., & Khasanah, U. (2016). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis multimedia. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 18(1), 88–96.
Prastowo, A. (2014). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.
Ramos, Basilio, & Melgosa, Carlos. (2020). “CAD Learning in Mechanical Engineering at Universities.” Computer-Aided Design and Applications, 18(1), 24–41.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Trianto. (2010). Model pembelajaran terpadu: Konsep, strategi, dan implementasinya dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.
Trianto. (2010). Model pembelajaran terpadu: Konsep, strategi, dan implementasinya dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.
Weijters, B., Geuens, M., & Schillewaert, N. (2010). The stability of individual response styles. Psychological Methods, 15(1), 96–110.
Zeid, I. (2005). Mastering CAD/CAM (2nd ed.). New York: McGraw-Hill.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian

