PELAKSANAAN TEACHING FACTORY PADA JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN OTOMOTIF SMK NEGERI 3 JOMBANG
Kata Kunci:
Teaching Factory, SMK, TKRO, Pembelajaran Berbasis ProduksiAbstrak
Penelitian ini memfokuskan pembahasan terkait pelaksanaan program teaching Teaching Factory (tefa) di SMK Negeri 3 Jombang serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data yang dikumpulkan bersumber dari Tim Pengampu Program, Mitra Industri dan siswa SMK Negeri 3 Jombang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi menggunakan teknik snowball sampling. Data analisis menggunakan teknik analisis Miles dan Huberman dengan tahapan reduksi data, penyajian data, verifikasi/kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuraikan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pelaksanaan tefa di SMK Negeri 3 Jombang menggunakan prinsip pelaksnaan berbasis produksi, melibatkan siswa, menggunakan acuan standar industri, bekerjasama dengan mitra industri dan betujuan membentuk karakter siswa. Pelaksanaan tefa pada SMK Negeri 3 Jombang memang dilaksanakan dengan tahapan mulai dari penerimaan order, analisis order, pernyataan kesiapan, pengerjaan order, evaluasi produk, packing produk hingga pengiriman produk. Faktor pendukung pelaksanaan tefa meliputi guru dan tim pengampu yang kompeten, fasilitas penunjang yang memadai, dan kerjasama dengan mitra industri. Sedangkan faktor penghambat pelaksanaan tefa meliputi kurangnya ketrampilan siswa dalam standar industri dan terbatasnya mitra kerjasama.
Unduhan
Referensi
Arikunto, Suharsimi, Cepi Safrudin Abdul Jabar (2004). Evaluasi Program Pendidikan. Pedoman Teoritis Bagi Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Brinkerhoff, Robert O., dkk (1983). Program Evaluation A Practutioner’s Guide For Trainers and Educators, Boston : Kluwer Nijhoff Publishing
Burhan Bungin (2003). Metode Analisis Penelitian Kualitatif. Jakarta. PT. Rajagrafindo Persada.
Burhanudin (1994). Analisis Administrasi Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Creswell, J.W. (1998). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing among Five Tradition. London: Sage Publications
Direktorat PSMK. (2009). Roadmap Pengembangan SMK 2010-2014. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Djaali dan Muljono (2004). Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan, Program Pascasarjana UNJ
Ghony, M. D., & Almanshur, F. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Ar-ruzz Media
Griffin, R. (2006). Bussiness, 8th Edition.NJ: Prentice Hall.
Hermawan (2007). Belajar dan Pembelajaran, Jakarta. Penerbit PT. Asdi Mahasatya
Heru Subroto. (2004). Kinerja Unit Produksi SMK Negeri Kelompok Teknologi daan Industri di Jawa Tengah. Tesis. Program Pascasarjana UNY.
Hidayat, Dadang M. Model Pembelajaran Teaching Factory Untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa Dalam Mata Pelajaran
Produktif. Jurnal Ilamu Pendidikan, Jilid 17, Nomor 4, Februari 2011, 270-278
Hidayat, Dadang (2015). Model Pembelajaran Teaching Factory 6 Langkah. Cetakan ke 2. Jakarta: Buku Elektronik
Husaini Usman (2006). Manajemen Pendidikan Terpadu Anak Berbakat. Yogyakarta: PT Bumi Aksara
International Conference Education (2011). Research and evaluation to develop education Quality, Thailand: Kasertsart University
Kuswantoro, Agung (2014). Teaching Factory: Rencana dan Nilai Entrepreneurship. Yogyakarta: Graha Ilmu
Margono, S (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya
Moerwismadhi (2009). Teaching Factory Suatu Pendekatan dalam Pendidikan Vokasi yang Memberikan Pengalaman ke arah Pengembangan Technopreneurship. Makalah: Learning for Teaching Factory
Maleong, L. J. (2018) Metodologi Penelitian Kualitatif (38 ed.). PT. Remaja Rosdakarya
Musa, Subari (2005). Evaluasi Program Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat, Y-Pin Indonesia, Bandung
Patton, Michael Quinn (2009). Metode Evaluasi Kualitatif, Terjemahan, Jakarta: Pustaka Pelajar
Rutman, Leonard (1984). Evaluation Research Methodology, New Delhi: Sage Publishing India PUT. Ltd, 2 ed
Srivastava, A. & Thomson, S.B. (2009). Framework analysis: a qualitative methodology for apllied policy research. JOAAG, Vol.4. No.2
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R &Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. In Bandung:Alfabeta. (6.ed.). Alfabeta
Suharsimi, A. (1988). Organisasi dan Administrasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Jakarta : P2LPTK
Sutikno, Muzayanah (2011). Modul Kuliah Evaluasi Program, Jakarta
Thorndike, R.L and E.P. Hagen (1991). Measurement and Evaluation in Psychology and Education, New York : MacMillan Publishing Company
Toha, M. Chabib (1991). Teknik Evaluasi Pendidikan, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada
Zaini, Muhammad (2009). Pengembangan Kurikulum: Konsep Implementasi Evaluasi dan Inovasi. Yogyakarta: Teras
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Abstract views: 71