AKTIVITAS OLAHRAGA DI PONDOK PESANTREN WAUNG BARON NGANJUK SAAT MASA PANDEMI COVID-19

  • ahmad murtadlo unesa
  • Abdul Hafidz Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Aktivitas olahraga di pondok pesantren Waung Baron Nganjuk saat masa pandemi Covid 19. Adanya wabah COVID 19 ini mengharuskan semua elemen pendidikan untuk beradaptasi dan tetap melanjutkan sisa pembelajaran. Wabah COVID 19 ini mendesak agar proses pembelajaran dilakukan dengan pendidikan jarak jauh yang belum pernah dilakukan oleh semua elemen pendidikan seperti siswa, guru dan orang tua. Rumusan masalah berikut:1) Bagaimanakah cara melakukan aktivitas pembelajaran di lingkungan pondok pesantren saat masa pandemi covid-19?. 2) Bagaimanakah aktivitas olahraga di pondok pesantren saat masa pandemi covid-19?. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana aktivitas olahraga di pondok pesantren Waung Baron Nganjuk saat masa pandemi Covid 19.

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Analisis data dianalisis dengan cara membuat deskripsi yang kaya dan padat (rich and thick desciption). Teknik pemilihan informan adalah menggunakan teknik Purposive Sampling.

Hasil dari pembahasan penelitin ini adalah berikut: 1) cara melakukan aktivitas pembelajaran di lingkungan pondok pesantren saat masa pandemi covid-19 dengan cara melakukan tatap muka seperti biasa, dikarenakan setiap santri yang ada di  pesantren sudah terisolasi dari awal sebelum adanya wabah pandemi covid-19. 2) aktivitas olahraga di pondok pesantren saat masa pandemi covid-19 dapat ditarik kesimpulan berikut: Aktivitas olahraga yang dilakukan pada saat pandemi di Pondok Pesantren Waung Baron Nganjuk diterapkan berbeda, bagi santri/siswa yang mukim di lingkungan pesantren masih melakukan pembelajaran secara tatap muka, namun bagi santri yang tidak mukim di Pondok Pesantren tidak diberikan pembelajaran tatap muka hanya menggunakan pembelajaran daring melalui bantuan aplikasi whatsaap.

 

Kata Kunci: aktivitas olah raga, pondok pesantren, saat masa pandemi covid-19.

Author Biography

Abdul Hafidz, Universitas Negeri Surabaya

Dosen pembimbing Artikel

 

Published
2021-07-29