Pengaruh Jumlah Kaitan Benang Katun Terhadap Hasil Jadi Tunisian Crochet Pada Clutch Bag

  • INDAH KURNIAWATI

Abstract

 

Abstrak

 

Tunisian crochet merupakan salah satu teknik mengait benang untuk membuat suatu lembaran kain. Teknik tunisian crochet terdapat berbagai macam variasi motif salah satunya yang akan diterapkan pada penelitian ini adalah mock popcorn stitch. Motif ini sangat unik karena tekstur timbul merupakan ciri pada permukaan mock popcorn stitch yang dilakukan dengan menambah jumlah kaitan. Penambahan jumlah kaitan yang digunakan adalah 5, 7, dan 9 kaitan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil jadi tunisian crochet ditinjau dari kerapatan, kerapian, tekstur dan kesesuaian dengan desain. Jenis penelitian ini termasuk penelitian eksperimen dengan variabel bebas yaitu 5, 7 dan 9 kaitan, variabel terikat adalah hasil jadi tunisian crochet ditinjau dari kerapatan, kerapian, tekstur dan kesesuaian dengan desain,dan variabel kontrol adalah desain, jarum tunisian, benang katun, motif, warna benang, dan orang yang mengerjakan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dengan daftar ceklist. Analisis data menggunakan anava tunggal dengan taraf signifikan 5 % (p<0,05). Analisis data hasil penelitian menggunakan anava tunggal dengan SPSS 16 yaitu terdapat pengaruh yang signifikan karena hasil dari setiap aspek memiliki α <0,05. Hasil jadi tunisian crochet yang baik adalah 7 kaitan karena lebih bertekstur dan motif hijau terlihat.

 

Kata kunci: jumlah kaitan, benang katun,hasil jadi tunisian crochet , clutch bag.

 

 

Abstract

 

Tunisian crochet is one of thread stitching technique to make fabric pieces. In Tunisian crochet technique founds many variations of motif. One of it applied in this research was mock popcorn stitch. This motif is unique, because float texture is characteristic on the surface of mock popcorn stitch which conducted by adding stitches number. The adding numbers of stitches used were 5, 7, and 9 stitch. The aims of this research was to know the outcome of Tunisian crochet viewed from dense, neatness, texture, and similarity with the design. Type of this research was included in experimental research with independent variables were 5, 7, and 9 stitches. The dependent variable was the outcome of tunisian crochet crochet viewed from dense, neatness, texture, and similarity with the design.and variable controls were design, tunisian hook, cotton thread, motif, thread color, and man working. Data collection method used was observation with checklist. Data analysis was using one way anava with significance 5% (p<0,05). Statistic test result of one way variance analysis with the help of SPSS 16 program so that there are significant effects because result of each aspect has α < 0.05. The best outcome of Tunisian crochet was at 7 stitches because more textured and green motif was seen.

 

Keywords: stitch number, cotton thread, outcome of  tunisian crochet, clutch bag   

 

 

Published
2015-01-21
How to Cite
KURNIAWATI, I. (2015). Pengaruh Jumlah Kaitan Benang Katun Terhadap Hasil Jadi Tunisian Crochet Pada Clutch Bag. Jurnal Online Tata Busana, 4(1). https://doi.org/10.26740/jotb.v4n1.p%p
Abstract Views: 53
PDF Downloads: 40