Pengaruh Jenis Kawat Terhadap Hasil Jadi Bros

  • SITI IDA NURJANAH

Abstract

 

Abstrak

 

Aksesoris dapat di buat dari bahan emas, perak atau baja dan kawat.Dalam penelitian ini bahan yang di gunakan adalah bahan kawat.Kawat adalah bahan yang dapat di bengkokkan dan dilengkungkan dengan mudah. Jenis kawat yang di gunakan adalah kawat monel, kawat tembaga, kawat aluminium. Setiap jenis kawat mempunyai karakter dan warna yang berbeda- beda. Hasil jadi di terapkan pada bros. Bros atau pin merupakan perhiasan yang di buat dengan pin penahan di bagian belakang yang mempunyai jepitan pengaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh jenis kawat monel terhadap hasil jadi bros, untuk mengetahui pengaruh jenis kawat tembaga terhadap hasil jadi bros, untuk mengetahui pengaruh jenis kawat aluminium terhadap hasil jadi bros , untuk mengetahui hasil jadi bros yang terbaik antara jenis kawat monel, kawat tembaga dan kawat aluminium. Jenis penelitian ini termasuk penelitian eksperimen dengan variabel bebas yaitu jenis kawat monel, kawat tembaga dan kawat aluminium, variabel terikat adalah hasil jadi bros di lihat dari aspek  bentuk, kestabilan, kerapian dan keseluruhan hasil jadi bros dan variabel kontrol adalah desain, alat, orang yang mengerjakan dan proses membuat. Metode pengumpulan data yang di gunakan adalah observasi dengan instrumen penelitianberupa lembar observasi daftar cheek list. Analisis data menggunakan anava tunggal  dengan taraf nyata signifikan 5 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  ada pengaruh jenis kawat monel terhadap hasil jadi bros, ada pengaruh jenis kawat tembaga terhadap hasil jadi bros, ada pengaruh jenis kawat aluminium terhadap hasil jadi bros, karena hasil dari setiap aspek memiliki  α < 0,05. Hasil jadi bros bahan kawat yang terbaik adalah bros dengan bahan kawat aluminium, karena kawat aluminium yang paling mudah di bengkokkan dan di bentuk, sesuai dengan sifat kawat aluminium yang liat, dan bobot ringan. Ke dua kawat monel dan ke tiga kawat tembaga.

 

Kata kunci: bros, bahan kawat, jenis kawat monel, kawat tembaga dan kawat aluminium.

 

 

Abstract

 

Accessories can be made of gold, silver or steel and wire. In this research, the material used was wire. Wire is material can be crooked and curved easily. The varieties of wire used were monel, copper, and aluminium. Each variety of wire has different character and color. The outcome applied on brooch. Brooch is accessories made with pin behind which has safety clip. The aims of this research were to know the effect of monel wire on the outcome of brooch, to know the effect of copper wire on the outcome of brooch, to know the effect of aluminium wire on the outcome of brooch, and to know the best outcome of brooch among wire varieties of monel, copper, and aluminum. Type this research was experimental research with independent variables were monel wire, copper wire, and aluminium wire. The dependent variable was the outcomes of brooch viewed from aspects of shape, stability, neatness, and whole body of brooch. Control variables were design, equipment, man working and production process. Data collecting method used was observation with research instrument in form of check list observation sheet. Data analysis used one way anava with significance 5%. Result of this research shows that there was effect of monel wire on the outcome of brooch, there was effect of copper wire on the outcome of brooch, and there was effect of aluminium wire on the outcome of brooch, because result of each aspects have α< 0.05. The best outcome of brooch was with material aluminium wire, because it was easiest to be crooked and shaped, according to aluminium characteristic which malleable and light weight. The second was monel wire and third was copper wire.

 

Keywords: brooch, wire material, monel, copper, and aluminium    

 

Published
2015-01-21
How to Cite
IDA NURJANAH, S. (2015). Pengaruh Jenis Kawat Terhadap Hasil Jadi Bros. Jurnal Online Tata Busana, 4(1). https://doi.org/10.26740/jotb.v4n1.p%p
Abstract Views: 148
PDF Downloads: 83