Penerapan Pembelajaran Problem Based Instruction Pada Sub Kompetensi Menggambar Desain Celana di SMK Negeri 1 Kertosono

  • TUTU SUDIRINI

Abstract

Abstrak

 

Problem Based Instruction, merupakan model pembelajaran yang bertujuan merangsang peserta didik untuk belajar melalui berbagai permasalahan nyata dalam  kehidupan sehari-hari dan dikaitkan dengan pengetahuan yang telah atau akan dipelajarinya. Dalam pembelajaran problem based instruction siswa akan belajar berbagai hal termasuk ingatan (kognitif), afektif dan psikomotorik, serta ketrampilan berpikir kritis dan kreatif. Dalam kurikulum 2013 Problem Based Instruction merupakan salah satu  model pembelajaran yang diterapkan dalam proses pembelajaran. Dalam menggambar desain celana diperlukan kemampuan kritis, kreatif dan inovatif untuk mencipta sebuah desain yang baru.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskriptifkan keterlaksanaan penerapan model pembelajaran problem based instruction ditinjau dari aktivitas siswa, aktivitas guru dan pencapaian hasil belajar siswa selama mengikuti pembelajaran sub kompetensi menggambar macam-macam desain celana. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa XI Tata busana 2 SMK Negeri 1 Kertosono tahun ajaran 2014/2015 pada sub kompetensi menggambar desain celana. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan tes di akhir pembelajaran. Analisa data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan, penerapan pembelajaran problem based instruction dalam sub kompetensi menggambar desain celana terkait dengan aktivitas guru mendapatkan kriteria sangat baik dengan persentase rata-rata 93,87%. Aktivitas siswa pada penerapan pembelajaran problem based instruction sub kompetensi menggambar desain celana mendapat kriteria sangat baik pada pertemuan pertama maupun pertemuan kedua dengan total persentase sebesar  94,16%. Sedangkan untuk hasil belajar siswa secara individu melalui penerapan pembelajaran problem based instruction pada sub kompetensi menggambar desain celana dapat melampaui ketuntasan belajar individu yang ditetapkan sekolah  yaitu ≥75. Perolehan rata-rata hasil belajar siswa individu sebesar 86,8, dan ketuntasan belajar klasikal sebesar 100%.

 

Kata kunci: problem based instruction, menggambar desain celana

 

 

Abstract

 

Problem Based Instruction, is a learning model that purpose to stimulate learners to learn through real problem under daily lives, and associated with the knowledge that has been or will be learned. In Problem Based Instruction students will learn a variety of things including a memory (cognitive), affective and psychomotor, as well critical and creative thinking skills. In curriculum of 2013 Problem Based Instruction is one of learning model which applied in the learning process. In drawing trouser design required critical capabilities, creative and innovative ways to create a new design. The purpose of this research was to describe the  application of problem based  instruction method in terms of student activity, the activity of the teacher and student achievement during the learning how to draw kinds of trouser design. Type of this research is descriptive. The subjects were students of XI-2 fasion designer class at  SMK Negeri 1 Kertosono  academic year 2014/2015, in  drawing a trouser designs. Data collection method used is  observation and tests at the end of the lesson. Analysis of the data which used is descriptive analysis by using persentase. The results shows,  the activity of the teacher getting criteria very well with the average percentage of 93.87%. Student activity achive criteria very well received at the first and the second meeting with the total percentage of  94.16. As for the individual student learning outcomes through the application of problem-based learning can transcend individual mastery learning set is ≥75 schools. Average achieved for individual result is 86.8 student learning outcomes, and completeness of classical study of 100%.

 

Keywords: problem-based instruction, drawing trouser designs

Published
2015-05-20
How to Cite
SUDIRINI, T. (2015). Penerapan Pembelajaran Problem Based Instruction Pada Sub Kompetensi Menggambar Desain Celana di SMK Negeri 1 Kertosono. Jurnal Online Tata Busana, 4(2). https://doi.org/10.26740/jotb.v4n2.p%p
Abstract Views: 29
PDF Downloads: 30