Perbandingan Hasil Jadi Tapestri Menggunakan Kain Tulle Dengan Teknik Pilin dan Non Pilin Pada Pembuatan Rompi

  • ESTU SETYO PURWANTININGSIH

Abstract

Abstrak

 

Tapestri adalah teknik menenun yang dikerjakan secara manual dengan tangan pada proses penyilangan pakan dan lungsi. Penelitian ini menggunakan tapestri dengan teknik pilin dan non pilin.  Rompi adalah busana tanpa lengan yang panjangnya sampai sebatas pinggang dan dipakai menjadi busana luar untuk menutupi blous atau kemeja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil jadi tapestri menggunakan kain tulle  dengan teknik pilin dan non pilin pada pembuatan rompi ditinjau dari aspek pakan, pilinan, daya pakai, ukuran dan keserasian dengan desain. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen dengan metode pengumpulan data menggunakan metode observasi yang dilakukan pada 30 orang observer. Variabel Bebas : teknik pilin dan non pilin, variabel Terikat: hasil jadi rompi. Analisis data menggunakan independent sample t-test dengan program SPSS 21 dengan signifikansi 5% (p<0,05). Hasil jadi dilihat dari hasil analisis data tersebut menunjukan perbedaan yang signifikan antara hasil jadi tapestri pada pembuatan rompi dari kain tulle dengan teknik pilin dan non pilin  dilihat dari aspek pakan, aspek pilinan, aspek daya pakai, aspek ukuran, dan aspek keserasian dengan desain. Hasil jadi yang terbaik tapestri pada pembuatan rompi dari kain tulle dengan teknik pilin dan non pilin di tinjau dari aspek pakan, aspek pilinan, aspek daya pakai, aspek ukuran, dan aspek keserasian dengan desain dilihat dari mean dan analisis data adalah hasil jadi tapestri pada pembuatan rompi dari kain tulle dengan teknik pilin.

 

Kata kunci: tapestry, rompi, pilin, non pilin, tulle

 

   

Abstract

 

Tapestry is weaving technique that is done manually by hand in the process of crossing the weft and warp. This study uses a technique tapestry with twist and non-twist. Vest is a sleeveless dress that reaches to the waist and wear as outside clothing to cover blous or shirt.The purpose of this study was to determine the differences of the tapestry results using tulle with twist and non-twist technique to produce vest in terms of material aspects, wrench, power use, size and aptitude with the design. This research belongs of experiments with methods of collecting data using observation methods to made 30 observers. The independent variables: the independent variables: tapestry twist and non-twist technique, the dependent variable: results so vest. Data analysis using independent sample t-test with SPSS 21 with a 5% significance (p <0.05).  The results viewed by data analysis that showed a significant difference between the results of tapestry in the manufacture of tulle vest with twist and non-twist techniques by seen from the material , chirality, power use, size, and  aptitude with the design aspect. The best results for tapestry in the manufacture of tulle vest with twist and non-twist technical can be reviewed of material, chirality, durability, size, and aptitude with the design aspect can viewed by mean and data analysis are the results. So, tapestry is suitable for vest making of tulle with twist techniques.

 

Keywords: tapestry, twist,  non twist, vest, tulle.

Published
2015-05-27
How to Cite
SETYO PURWANTININGSIH, E. (2015). Perbandingan Hasil Jadi Tapestri Menggunakan Kain Tulle Dengan Teknik Pilin dan Non Pilin Pada Pembuatan Rompi. Jurnal Online Tata Busana, 4(2). https://doi.org/10.26740/jotb.v4n2.p%p
Abstract Views: 91
PDF Downloads: 97