Perbedaan Hasil Jadi Lekapan Kristal Bungkus Dengan Kain Lace Dan Kain Tulle Pada Busana Pesta

  • INNA ROHMAWATI

Abstract

Abstrak

 

Kristal merupakan sejenis batuaan  yang  memiliki  tektur potongan bening dan berkilau pada permukaannya hingga  menyerupai berlian, Kristal dengan kwalitas yang rendah cenderung buram dan kusam. Penelitian ini menggunakan bahan pembungkus yang berbeda yaitu tulle dan lace untuk diaplikasikan pada busana pesta. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui hasil kristal bungkus yang menggunakan kain pembungkus dan jenis kristal yang berbeda ditinjau dari warna, tekstur, kerapian dan kesesuaian dengan desain busana pesta. Untuk mengetahui perbedaan hasil kristal bungkus yang menggunakan kain pembungkus dan jenis kristal yang berbeda berbeda ditinjau dari warna, tekstur, kerapian dan kesesuaian dengan desain busana pesta. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dengan mengambil sampel dari 30 observer, 5 observer meliputi dosen tata busana dan 25 observer meliputi mahasiswa yang telah memprogram mata kuliah desain tekstil dan apresiasi menghias kain.  Instrumen penelitian dengan daftar cek list yang dilakukan oleh 30 orang observer. Metode analisis data menggunakan analisis statistik uji t dengan bantuan SPSS 21 dengan taraf signifikan α<0,05. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil sebagai berikut (1) hasil jadi kristal bungkus dengan menggunakan bahan lace merupakan hasil jadi yang terbaik dilihat dari aspek efek warna, aspek efek tekstur, aspek kerapiaan, aspek kesesuaian (2) hasil jadi Kristal bungkus dengan menggunakan bahan lace merupakan hasil jadi yang paling baik dilihat dari aspek efek warna dengan niali mean 3,73. Aspek efek tekstur dengan nilai mean3,23. Aspek kerapian dengan nilai mean 3,56. Aspek kesesuaian desain dengan nilai mean 3,76. (3) dari hasil jadi analisis data jenis kain yang menghasilkan kristal bungkus yang baik adalah kain lace.

 

Kata kunci: Bahan tulle, bahan lace, kristal bungkus, lekapan pada busana pesta.

 

 

Abstract

 

A crystal that has a rock texture similar pieces is clear and shiny on the surface to resemble diamonds, crystals with low quality tends to opaque and dull. This research uses a different wrapping materials, namely tulle and lace to be applied in a party dress. The purpose of this study was to determine differences in the results so crystals application wrapped with fabric lace and tulle in a party dress seen from the level of color effects, textural effects, neatness, and compliance resulting in a party dress in tulle and lace and to examine the results so that among the best use of tulle and lace material. Data collection method used is the observation by taking a sample of 30 observers, 5 observer covering fashion lecturers and 25 observers include students who have programmed courses textile design and decorating fabric appreciation. Research instrument with a list of check list carried by 30 observers. Methods of data analysis using statistical analysis t test with SPSS 21 with significance level α <0.005. Based on the analysis of data obtained as follows (1) results so crystal wrap using a lace material so the results are best seen from the aspect of color effects, aspects of texture effects, neatness aspect, the aspect of comformity (2) the results so crystal wrap by using lace materials the result of the best seen from the aspect of color effect with a mean of 3,73. Aspects of texture effects with mean 3,23 value. Neatness aspect mean value of 3,56. The suitability of the design aspects of the value mean 3,76. (3) of the result so data analysis that produces the type of fabric wrap is a good crystal lace fabric.

 

Keywords: Material tulle, lace materials, crystal wrap, application at party dress.

Published
2015-06-24
How to Cite
ROHMAWATI, I. (2015). Perbedaan Hasil Jadi Lekapan Kristal Bungkus Dengan Kain Lace Dan Kain Tulle Pada Busana Pesta. Jurnal Online Tata Busana, 4(3). https://doi.org/10.26740/jotb.v4n3.p%p
Abstract Views: 66
PDF Downloads: 96