Penerapan Model Pembelajaran Langsung Kegiatan Ekstrakurikuler Tata Busana Kompetensi Pembuatan Tempat Pensil Dengan Hiasan Sulam Dasar Siswa Kelas VII di SMP Negeri 2 Palang, Tuban

  • YULIANA

Abstract

Abstrak SMP Negeri 2 Palang, Tuban memiliki ekstrakurikuler tata busana. Pada ekstrakurikuler ini terdapat standart kompetensi membuat lenan rumah tangga dengan kompetensi dasar teknik menghias kain dengan sulam. Pada kompetensi ini siswa dituntut mampu menghasilkan produk berupa tempat pensil dengan tuntas. Oleh karena itu model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran langsung. Model pembelajaran langsung merupakan model pembelajaran yang menggunakan metode ceramah dan demonstrasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, hasil belajar siswa, dan respon siswa dalam pelajaran ekstrakurikuler tata busana dengan menerapkan pembelajaran langsung pada kompetensi membuat tempat pensil dengan hiasan sulam dasar siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Palang, Tuban.Penelitian ini termasuk p enelitian deskritif dengan metode pengumpulan data observasi, metode tes, dan kuesioner/ angket. Waktu penelitian pada semester genap tahun ajaran 2014-2015. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Palang dengan jumlah siswa 20 anak. Rancangan penelitian mengunakan desain penelitian dan eksperimen yang tidak murni (Pre experimental design), yaitu one shot case study. Analisis data menggunakan analisis data deskritif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru memperoleh kriteria penilaian sangat baik. Aktivitas siswa memperoleh kriteria penilaian sangat baik. Hasil belajar siswa memperoleh kriteria penilaian sangat baik dengan ketuntasan secara klasikal sebanyak 85% dari 20 siswa dan rata-rata nilai hasil belajar 83,63 dan 15% siswa yang tidak tuntas. Respon siswa memperoleh kriteria penilaian sangat baik dengan jawaban Ya 95% merespon sangat baik dan Tidak 5%. Kata kunci: Pembelajaran langsung, tempat pensil, Sulam dasar Abstract SMP Negeri 2 Palang, Tuban have an extracurricular lessons fashion. Extracurricular there are standards of competence make household linen with basic competence decorating fabric with embroidery techniques. These competencies are required students are able to produce products such as pencil cases completely. Therefore learning model used is the direct learning model. Direct instructional model is a learning model that uses a lecture and demonstration. The purpose of this study was to determine the teacher activities, student activities, result of learning student, and the response of students in extracurricular lessons fashion by applying learning live directly to the competence of learning make a pencil case with basic sulam ornaments class VII in SMP Negeri 2 Palang, Tuban. This study includes a descriptive study with data collection methods of observation, test methods, and questionnaires/questionnaire. When the study in the second semester of the academic year 2014-2015. The subjects were students of class VII SMP Negeri 2 Palang, Tuban of the 20 students. Research design and experimental research design using impure (Pre experimental design), which is one shot case study. Data analysis using quantitative descriptive data analysis. The results showed that the activity of teachers obtain excellent assessment criteria. Activities students gain excellent appraisal criteria. Student learning outcomes assessment criteria very well acquire the mastery in classical as much as 85% of the 20 students and the average value of learning outcomes 83.63 and 15% of students who did not complete. Response students gain excellent appraisal criteria with answers Yes 95% responded very well and not 5%. Keywords: Learning directly, A pencil case, basic sulam
Published
2015-08-05
How to Cite
YULIANA,. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Langsung Kegiatan Ekstrakurikuler Tata Busana Kompetensi Pembuatan Tempat Pensil Dengan Hiasan Sulam Dasar Siswa Kelas VII di SMP Negeri 2 Palang, Tuban. Jurnal Online Tata Busana, 4(3). https://doi.org/10.26740/jotb.v4n3.p%p
Abstract Views: 125
PDF Downloads: 146