Penerapan Portofolio Pada Mata Pelajaran Menghias Busana Kompetensi Sulam Pita Kelas XI Busana Butik di SMK Budi Utomo, Perak, Jombang

Authors

  • NUR HAYATI
  • NUR HAYATI

DOI:

https://doi.org/10.26740/jurnal-online-tata-busana.v4i3.12638

Abstract

 

Abstrak

 

Peneraan penilaian portofolio ini diterapkan pada siswa SMK Budi Utomo Jombang mengalami hambatan dalam segi pemberian tugas, sehingga nilai tugas kurang maksimal. Keterbatasan yang dimiliki siswa SMK Budi Utomo tersebut membuat peneliti ingin memberikan penilaian portofolio, sehingga siswa bisa semangat belajar dan nilai bisa maksimal. Salah satunya yaitu dengan adanya pemberian materi menghias busana dengan sub kompetensi sulam pita. Rumusan masalah dalam penerapan penilaian portofolio ini adalah “Bagaimana hasil penerapan penilaian portofolio pada kompetensi sulam pita mata pelajaran menghias busana pada kelas XI busana butik di SMK Budi Utomo Perak Jombang”. Sesuai dengan permasalahan yang telah dijelaskan dalam rumusan masalah dan tujuan maka metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode diskriptif kuantitatif yaitu penilaian yang berusaha menggambarkan obyek atau subyek yang diteliti sesuai dengan data, mulai dari pengumpulan data, penafsiran terhadap data, serta penampilan dan hasilnya. Berdasarkan hasil yang diperoleh penelitian yang telah dilaksanakan yaitu penerapan penilaian portofolio pada kompetensi sulam pita pada mata pelajaran menghias busana pada kelas XI busana butik di SMK Budi Utomo Perak Jombang dapat disimpulkan sebagai berikut hasil nilai portofolio yang di dapat siswa , hampir 100% siswa mendapat nilai ≥ 75.

 

Kata kunci: Hasil Belajar, Portofolio Sulam Pita

 

 

Abstract

 

Portofolio Assessmen is applied in student of SMK Budi Utomo perak jombang that have on obstacle in assigning task side. So they have no maximum achievement. The weaknesses that student have let the researcher give portofolio. It causes student have a high motivation in studying and achievement. One of them is by giving adorning fashionmaterial with tape embroidery as a sub competency. The research problem of this research is how the implementation of portofolio The Implementation Of Portofolio Assessment in Tape Embroidery Competency in Adorning Fashion at Eleventh Grade of Boutique Fashion in SMK Budi Utomo Perak Jombang. According to the research problem and resear objective, the method used in this study is descriptive quantitative. It is a study that describes object or subject of research based on the data going from data collection, data analysis, and presentation and the result. Based on the data collected from this research the researcher finds that almost 100% of students get score more than 75. It can be concluded that the implementation of portofolio assessment increases the motivation and score of students.

 

Keywords : Students’ Achievment, Sulam pita Portofolio.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2015-08-05

How to Cite

HAYATI, N., & HAYATI, N. (2015). Penerapan Portofolio Pada Mata Pelajaran Menghias Busana Kompetensi Sulam Pita Kelas XI Busana Butik di SMK Budi Utomo, Perak, Jombang. Jurnal Online Tata Busana, 4(3). https://doi.org/10.26740/jurnal-online-tata-busana.v4i3.12638
Abstract views: 59 , PDF Downloads: 59