Peningkatan Keterampilan Membuat Rok Drapery Melalui Pelatihan Pada Siswa Kelas XII SMK YPM 2 Taman Sidoarjo

  • ROUDHOTUL AZKIYAH

Abstract

 

Abstrak

 

Pelatihan pembuatan rok drapery diadakan untuk meningkatkan keterampilan siswa busana butik kelas XII SMK YPM 2 Taman Sidoarjo dalam membuat pola busana secara draping. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui keterlaksanaan pengelolaan pelatihan, aktivitas peserta pelatihan, hasil jadi praktek pembuatan rok draperi, dan respon peserta dalam kegiatan pelatihan membuat rok draperi. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian pre eksperimental design dengan rancangan penelitian pre-test and post-test group design. Subyek penelitian adalah siswa kelas XII Busana Butik SMK YPM 2 Taman sidoarjo yang berjumlah 21 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, tes dan angket. Metode analisis data menggunakan rata-rata untuk keterlaksanaan pengelolaan pelatihan dan hasil keterampilan, persentase untuk aktivitas dan respon peserta, dan uji t untuk mengetahui perbedaan nilai rerata pre-test dan post-test hasil pelatihan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) keterlaksanaan pengelolaan pelatihan  didapat rata-rata 3,5 dengan kategori baik sekali 2) aktivitas peserta didapat rata-rata (81-100)% dengan kategori sangat baik 3) hasil pembuatan rok draperi pada pre-test diperoleh rata-rata 61,33 dan post-test sebesar 88,83, hasil uji t sebesar 22,989 dengan taraf signifikasi 0,000 kurang dari 0,05 sehingga dikatakan pelatihan mengalami peningkatan yang signifikan 4) respon peserta terhadap pelatihan menyatakan “ya” dengan rata-rata (90-100)% dalam kategori sangat baik.

 

 Kata Kunci: Pelatihan, Peningkatan Keterampilan, Rok Drapery.

 

 

Abstract

 

The training of making drapery skirt conducted to improves skill of Boutique Fashion grader XII SMK YPM 2 Taman Sidoarjo in making garment pattern in draping manner. The aims of this research are to know the realization of training management, trainee activity, product of making drapery skirt practice, and trainee response toward training of making drapery skirt. Type of this research was pre-experimental research design with pre-test and post-test group design. Subject of this research were grader XII Boutique Fashion in SMK YPM 2 Taman Sidoarjo as many as 21 students. Data collected by using observation method, test, and questionnaire. Data analysis method using mean for realization of training management and skill product, percentage for trainee activity and response, and t-test to know the difference mean of training pre-test and post-test. Result of the research shows that 1) the realization of training management obtained mean 3.5 with category is very good, 2) trainee activity obtained mean (81-100%) with category is very good, 3) product of drapery skirt at pre-test obtained mean 61.33 and at post-test 88.83, result of t-test is 22.989 with significance level 0.000 less than 0.05 then could be said that the training experience significant improvement, 4) trainee response toward training stated “yes” with mean (90-100)% within very good category.

 

Keywords: Training, skill improvement, drapery skirt.

 

 

Published
2016-07-26
How to Cite
AZKIYAH, R. (2016). Peningkatan Keterampilan Membuat Rok Drapery Melalui Pelatihan Pada Siswa Kelas XII SMK YPM 2 Taman Sidoarjo. Jurnal Online Tata Busana, 5(3). https://doi.org/10.26740/jotb.v5n3.p%p
Abstract Views: 35
PDF Downloads: 50