Perbedaan Penerapan Antara Model Pembelajaran Langsung dan Pembelajaran Berdasarkan Masalah Pada Kompetensi Membuat Pola Celana Panjang (Slack) Di SMK Negeri 3 Kediri

  • AUFA ROHMATUL LAILI

Abstract

Abstrak

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan hasil belajar pengetahuan, keterampilan dan sikap peserta didik setelah diterapkan  model pembelajaran langsung dan model pembelajaran berdasarkan masalah pada kompetensi membuat pola celana panjang (Slack). Penelitian ini adalah penelitian eksperimen sedangkan desain penelitiannya pre-test-post-test control group design. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 3 Kediri dengan menggunakan kelas eksperimen yang berjumlah 30 peserta didik dan kelas kontrol yang berjumlah 30 peserta didik. Variabel bebas pada penelitian ini model pembelajaran langsung dan model pembelajaran berdasarkan masalah, sedangkan variabel terikatnya hasil belajar. Instrumen yang digunakan yaitu lembar  validasi perangkat pembelajaran, lembar pengamatan sikap peserta didik. Analisis hasil belajar mengguna-kan uji-t untuk mengungkap pengetahuan dan keterampilan.Hasil penelitian ini menunjukkan hasil belajar pengetahuan  signifikansi 0,442, karena signifikansi 0,442>0,05 maka Ho diterima. Sedang-kan hasil belajar keterampilan menunjukkan signifikansi 0,608, karena signifikansi 0,608>0,05 maka Ho diterima. Berdasarkan hasil analisis data perbedaan hasil belajar diketahui signifikansi α 0,219 karena 0,219 > 0,05 maka Ho diterima dan Ha ditolak. Hasil penelitian membuktikan  bah-wa hasil belajar pengetahuan, keterampilan dan sikap tidak ada perbedaan antara hasil belajar mo-del pembelajaran langsung dan  model pembelajaran berdasarkan masalah pada kompetensi mem-buat pola celana panjang (Slack) di SMK Negeri 3 Kediri.

 

Kata kunci:  Model pembelajaran langsung, model pembelajaran berdasarkan masalah, perbedaan hasil belajar, membuat pola celana panjang (Slack)

 

 

Abstract

The purpose of this study to compare the result of learning knowledge,  skill and attitude of using the Learning Model Directly and Learning Problem Based Instruction on competen make a trousers (Slack). The research is experiment research while the design work is pre-tets-post-test control group design. The research was conducted at SMK Negeri 3 Kediri using totaling experiment classes 30 student and totaling control classes is 30 student. The independent variable of this reseacrh is learning direct instruction and learning problem based instruction, and dependent variable is outcomes learning. Instrument used that device validation sheet, observation sheets attitude and skill of learning outcomes and achievement test attitudes, knowledge and skills. Analysis of learning outcomes using t-test to unveil the learning of knowledge and skill. These result indicate the outcomes learning of knowledge 0,442 significance, because 0,442 > 0,05 then Ho accept. For the outcomes learning of skill 0608 significance, because 0,608> 0,05 then Ho accept. Based on this ananlysis  different data of outcomes learning α 0,219, because 0,219 > 0,05 then Ho accept and Ha rejected. Research result obtained of outcomes learning of knowledge, skill and attitude no differnt between learning direct instruction and problem based instruction on competen make a trousers (Slack) at SMK Negeri 3 Kediri.

 

Keyword: Learning direct instruction, learning problem based instruction, diffrence outcome learning, make a trouser pattern (Slack)

Published
2017-06-05
How to Cite
ROHMATUL LAILI, A. (2017). Perbedaan Penerapan Antara Model Pembelajaran Langsung dan Pembelajaran Berdasarkan Masalah Pada Kompetensi Membuat Pola Celana Panjang (Slack) Di SMK Negeri 3 Kediri. Jurnal Online Tata Busana, 6(3). https://doi.org/10.26740/jotb.v6n3.p%p
Abstract Views: 14
PDF Downloads: 20