Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Membuat Kaitan Pada Benda Jadi Kelas X Tata Busana SMK Negeri 1 Bojonegoro

  • LILIS WARDANI

Abstract

Abstrak

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh diterapkannya model pembelajaran project based learning terhadap aktivitas belajar dan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar mebuat kaitan pada benda jadi. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Metode pengumpulan data dengan observasi. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 1 Bojonegoro pada  ke-las X Tata Busana dengan jumlah 29 siswa. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuan-titatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru dengan penerapan model pembelajaran project based learning pada siklus I dan II masing memperoleh rata-rata hasil 82,6% dan 90,9%. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh hasil 85,6% dan pada siklus II memperoleh hasil 89,7%. Hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 75,5 dan pada siklus II memperoleh nilai tara-rata 85. Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I mendapatkan hasil 58,6% dan pada siklus II mendapatkan hasil 93%. Temuan penelitian ini adalah meningkatkan kinerja guru, me-ningkatkan hasil dan ketuntasan belajar siswa.

 

Kata kunci: Model pembelajaran project based learning, hasil belajar siswa, kompetensi membuat kaitan pada benda jadi.

 

 

Abstract

 

The aim of this research was to know effects of the implementation project based learning model toward learning activities and student learning achievement on basic competence of making crochet on finished object. Type of this research was Classroom Action Research. Data collecting method was observation. This research conducted in SMK Negeri 1 Bojonegoro on grade X Fashion Design with 29 students. Data analysis was using descriptive quantitative. The result shows that teacher activities by the implementation of project based learning model at cycle I and II obtained mean respectively 82.6% and 90.9%. Student activity at cycle I obtained result 85.6% and at cycle II obtained result 89.7%. Student learning achievement at cycle I obtained mean score 75.5 and at cycle II obtained mean score 85. The completeness of student learning achievement at cycle I obtained result 58.6% and at cycle II obtained result 93%. The finding of this research are improves teacher performance, improves student learning achievement and completeness.

 

Keywords:             project based learning model, student learning achievement, competence of making crochet on finished object

Published
2017-07-13
How to Cite
WARDANI, L. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Membuat Kaitan Pada Benda Jadi Kelas X Tata Busana SMK Negeri 1 Bojonegoro. Jurnal Online Tata Busana, 6(3). https://doi.org/10.26740/jotb.v6n3.p%p
Abstract Views: 137
PDF Downloads: 155