KEPUASAN KONSUMEN DI BATIK TULIS “COLET” SUTRISNO, JOMBANG

  • WIDIDIYA MAYA FARIANTI
  • MEIN KHARNOLIS

Abstract

Abstrak

Perkembangan konsumen batik yang meningkat membuat produsen batik mengembangkan batik di daerahnya masing-masing. Batik Tulis “Colet” Sutrisno merupakan salah satu tempat pengusaha batik di tempat sentra batik di Jombang, Jawa Timur. Pelaku bisnis melakukan berbagai macam cara untuk menarik konsumen membeli produk yang ditawarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan konsumen di Batik Tulis “Colet” Sutrisno ditinjau dari motif, kualitas produk dan harga. Jenis penelitian ini adlaah deskriptif kuantitatif denga obyek penelitian adalah kepuasan konsumen di Batik Tulis “Colet” Sutrisno meliputi motif, kualitas produk, da harga. Metode pengambilan data yang digunakan adalah angket dan dokumenasi sebagai pendukung dari hasil angket atau koesioner. Hasil menunjukkan bahwa kepuasan konsumen dengan nilai presentase paling tinggi ditinjau dari motif adalah motif geometris, sedangkan kepuasan konsumen dengan nilai presentase paling tinggi ditinjau dari kualitas produk adalah batik Tulis “Colet Sutrisno menggunakan bahan berkualitas baik, dan kepuasan konsumen dengan nilai presentase paling tinggi ditinjau dari harga adalah harga di Batik Tulis “colet” Sutrisno ekonomis dan terjangkau berkisar Rp. 150.000,- s/d Rp. 2.500.000,-.

Kata Kunci: kepuasan konsumen and batik

Abstract

The development of fashion trends and public awareness of fashion makes business people take advantage of these opportunities one of them is the business of batik. The development of batik are increasing making people increasingly develop batik in their respective regions. Batik Tulis "Colet" Sutrisno is one of the places where batik entrepreneurs in batik centers in Jombang, East Java. Businesses do various ways to attract consumers to buy products offered. This study aims to determine customer satisfaction in Batik Write "Colet" Sutrisno in terms of design, product quality and price. This type of research is descriptive quantitative premises object research is consumer satisfaction in Batik Tulis "Colet" Sutrisno include design, product quality, and price. Methods of data retrieval used are questionnaires and documentation as a support of the results of questionnaires. This research explain that consumer satisfaction with the highest percentage value in terms of design is geometric motif, while consumer satisfaction with the highest percentage value in terms of product quality is Batik Tulis "Colet Sutrisno using good quality materials, and consumer satisfaction with the highest percentage value in terms of price is the price in Batik Tulis "Sutrisno" economical and affordable prices from Rp.150.000,- to Rp.2.500.000,-.


Keywords: Consumer satisfaction and design

Published
2018-07-27
How to Cite
MAYA FARIANTI, W., & KHARNOLIS, M. (2018). KEPUASAN KONSUMEN DI BATIK TULIS “COLET” SUTRISNO, JOMBANG. Jurnal Online Tata Busana, 7(2). https://doi.org/10.26740/jotb.v7n2.p%p
Abstract Views: 77
PDF Downloads: 262