Pengaruh Jenis Ketebalan Kain Organdi Terhadap Hasil Jadi Aplikasi Mahkota Melati Tiga Dimensi Pada Clutch Bag

  • Dwi Ariyani Mahasiswa S1 Pendidikan Tata Busana
  • Anneke Endang Karyaningrum Dosen Pembimbing S1 Pendidikan Tata Busana

Abstract

Aplikasi adalah seni menempelkan potongan kain dengan menjahit mesin atau tangan diatas bahan dasar. Aplikasi ada dua macam yaitu aplikasi dua dimensi dan tiga dimensi. Bentuk aplikasi bermacam macam flora,fauna dan geometris. Salah satunya yaitu bentuk flora aplikasi melati. Bahan yang digunakan yaitu kain organdi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil jadi aplikasi mahkota melati tiga dimensi, pengaruh jenis ketebalan kain organdi terhadap hasil jadi aplikasi mahkota melati tiga dimensi dan hasil aplikasi melati tiga dimensi yang terbaik.

Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Variabel bebas  adalah jenis ketebalan tipis (0,33 mm),  sedang (0,40 mm), dan tebal (0,58 mm), variabel terikat adalah hasil aplikasi mahkota melati  ditinjau dari aspek kesesuaian desain, kestabilan bentuk, kerekatan dan kekakuan. Metode pengumpulan data berupa observasi. Analisis data yang digunakan adalah SPSS 18 anava tunggal dengan taraf signifikan p < 0,05.

Hasil penelitian diketahui 1)Hasil jadi aplikasi melati tiga dimensi pada aspek kesesuaian desain, kestabilan bentuk, kerekatan signifikan p<0,05, sedangkan aspek kekakukan tidak signifikan p>0,05. 2) Ada pengaruh tiga dari empat aspek yang diteliti signifikan yaitu pada aspek kesesuaian desain, kestabilan bentuk, kerekatan terhadap hasil jadi aplikasi mahkota melati tiga dimensi, satu aspek tidak signifikan yaitu pada aspek kekakuan. 3)Hasil  aplikasi mahkota melati yang terbaik antara kain organdi tipis, kain organdi sedang, tebal adalah kain organdi tebal. Kesimpulan pengaruh jenis ketebalan kain organdi terhadap aplikasi mahkota melati tiga dimensi pada yang terbaik ditinjau dari aspek kesesuaian desain, kestabilan bentuk, kerekatan dan kekakuan yaitu jenis kain organdi tebal (0,58 mm).

 

Kata Kunci: Hasil jadi aplikasi mahkota melati tiga dimensi dan ketebalan kain organdi.

Published
2013-05-24
How to Cite
Ariyani, D., & Karyaningrum, A. (2013). Pengaruh Jenis Ketebalan Kain Organdi Terhadap Hasil Jadi Aplikasi Mahkota Melati Tiga Dimensi Pada Clutch Bag. Jurnal Online Tata Busana, 2(2). https://doi.org/10.26740/jotb.v2n2.p%p
Abstract Views: 37
PDF Downloads: 35