PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI KOMPETENSI DASAR MENERAPKAN TUSUK DASAR HIASAN DALAM SUATU PRODUK DI SMK NEGERI 1 JABON

  • Nila Citra Hayyuningartri
  • LUTFIYAH HIDAYATI

Abstract

Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw merupakan salah satu alat pendidikan untuk memberikan motivasi belajar pada siswa dalam memperbaiki hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar ranah kognitif dan psikomotor siswa dan 2) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap kemampuan kooperatif siswa pada kompetensi dasar menerapkan tusuk dasar hiasan dalam suatu produk sub kompetensi sulaman putih di kelas XI Tata Busana 1 SMK Negeri 1 Jabon.

Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan pre-experimental design. Desain penelitian adalah one shot case study. Penelitian dilaksanakan pada bulan September sampai Oktober di SMK Negeri 1 Jabon kelas XI Tata Busana 1 tahun pelajaran 2019/2020. Metode pengambilan data menggunakan tes (kognitif), penilaian produk (psikomotor) dan observasi kemampuan kooperatif siswa (afektif) dengan jumlah observer 3 orang. Instrumen yang digunakan adalah lembar soal tes, lembar penilaian produk dan lembar observasi sikap. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, baik terhadap nilai hasil belajar maupun nilai sikap.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terdapat pengaruh pada hasil belajar ranah psikomotor sedangkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw tidak ada pengaruh terhadap hasil belajar ranah kognitif dibuktikan dengan ketuntasan hasil belajar secara klasikal sebesar 100% dengan kriteria sangat baik untuk ranah psikomotor dan sebesar 62,5% dengan kriteria baik untuk ranah kognitif, 2) model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berpengaruh baik terhadap kemampuan kooperatif siswa, khususnya pada sikap saling menghargai dan bekerja sama (skor 4) kategori sangat baik dan tanggung jawab, aktif dan disiplin (skor 3) kategori baik.

Kata kunci : Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, hasil belajar, tusuk dasar hiasan.

Published
2019-12-10
How to Cite
Citra Hayyuningartri, N., & HIDAYATI, L. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI KOMPETENSI DASAR MENERAPKAN TUSUK DASAR HIASAN DALAM SUATU PRODUK DI SMK NEGERI 1 JABON. Jurnal Online Tata Busana, 9(1). https://doi.org/10.26740/jotb.v9n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 53
PDF Downloads: 66