PENGEMBANGAN MODUL KOMPETENSI DASAR MENERAPKAN PROPORSI TUBUH KELAS X TATA BUSANA SMK NEGERI 3 BLITAR

  • YULIA PALUPI
  • LUTFIYAH HIDAYATI

Abstract

Modul merupakan bahan ajar yang dirancang secara sistematis untuk membantu peserta didik belajar secara mandiri sesuai dengan kecepatan masing – masing, sehingga proses pembelajaran berlangsung efektif. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk : 1) mengetahui kelayakan modul pembelajaran kompetensi dasar menerapkan proporsi tubuh kelas X Tata Busana SMK Negeri 3 Blitar ditinjau dari aspek materi, aspek media dan aspek bahasa, 2) mendeskripsikan pengaruh modul pembelajaran terhadap hasil belajar siswa.

Penelitian ini adalah jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pendekatan ADDIE meliputi tahapan analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Subyek yang digunakan dalam penelitian ini adalah 35 siswa kelas X Tata Busana 2 SMK Negeri 3 Blitar. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa angket, metode tes dan metode non-tes. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa lembar angket validasi kelayakan modul, lembar tes pilihan ganda dan lembar observasi penilaian produk. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan menggunakan analisis deskriptif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) kelayakan modul memperoleh rerata 3.75 dengan klasifikasi sangat baik, sehingga modul layak digunakan sebagai media pembelajaran, 2) modul kompetensi dasar menerapkan proporsi tubuh berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dengan indikator ketuntasan klasikal 88.57% kategori sangat baik.

Kata kunci : pengembangan, modul, proporsi tubuh.

Published
2019-12-10
How to Cite
PALUPI, Y., & HIDAYATI, L. (2019). PENGEMBANGAN MODUL KOMPETENSI DASAR MENERAPKAN PROPORSI TUBUH KELAS X TATA BUSANA SMK NEGERI 3 BLITAR. Jurnal Online Tata Busana, 9(1). https://doi.org/10.26740/jotb.v9n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 83
PDF Downloads: 73